Perbaikan Jalan di Sumsel Telan Dana Rp 3 Triliun Lebih

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru (Foto: Kurniawan)

Pelitasumatera.com, PALEMBANG – Untuk perbaikan ruas jalan milik provinsi dan jalan negera yang rusak di Sumatera Selatan dana yang telah dialokasikan hampir mencapai Rp 3 Triliun baik yang bersumber dari APBD Provinsi maupun dari APBN.

Gubernur Sumsel H Herman Deru mengatakan, dengan anggaran tersebut diharapkan dengan alokasi dana tersebut ruas jalan provinsi termasuk ruas jalan negera yang rusak akan teratasi 100 persen.

“Untuk jalan, hampir 100 persen diatasi, termasuk ruas-ruas jalan negera yang sudah dikoordinasikan dengan kementerian PU itu seimbang, jadi lebih kurang tiga triliun untuk perbaikan jalan ini. Lah terlaluan nian kalu idak bagus,” kata HD.

Untuk menjaga kondisi ruas jalan di Sumatera Selatan tetap baik dan tidak cepat rusak HD meminta Dinas Perhubungan Provinsi, Dishub Kabupaten/Kota untuk koordinasi dengan Satlantas setempat untuk mengawasi lalu lintas kendaraan yang melebihi kapasitas beban (Overload).

“Jika butuh rekomendasi, Saya akan meminta rekomendasi kepada Kementerian Perhubungan untuk pemasangan jembatan portable, dan selama tidak menyalahi undang-undang akan saya akan buatkan rekomendasinya,” tambah Deru.

Jembatan Portable ini lanjut HD sebagai bentuk pengawasan, jangan sampai lalu lintas kendaraan yang padat dan melebihi kapasitas justru merugikan pengguna jalan yang lainnya.

Penulis: Kurniawan