Masih Macet di Ahmad Yani, Target Selesaikan Akses Jalan

Setelah dibuka Kamis (3/1) lalu, kini Jembatan Musi IV menjadi salah satu tempat selfie baru bagi warga Palembang. (Foto: Ist)

Pelitasumatera.com, PALEMBANG Setelah melakukan uji coba lalu lintas, Selasa (8/1/2019\) dilakukan soft opening Jembatan Musi IV. Setelah ini, akan dilakukan penyelesaian untuk pembangunan jalan akses di Jl Ahmad Yani.

“Kita harus menyelesaikan pembangunan jalan akses jembatan di Jalan Ahmad Yani.  Kami sudah berkoordinasi dengan Pemprov Sumsel terkait pembebasan lahan ini,” terang Kepala Satuan Kerja Pelaksana Jalan Nasional Metropolitan Palembang, Yudian Budi Krisna.

Dia menyampaikan, proses pelaksanaan pembangunan jembatan musi IV dimulai tahun 2015 hingga 2018 menggunakan alokasi dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) SBSN TA 2015-2018 dengan nilai kontrak Rp553.576.996.000.

Kepala Balai Besar Jalan Nasional Wilayah V, Kgs Syaiful Anwar menyebut, terkait pembebasan lahan untuk akses jalan Ahmad Yani sepanjang 390 meter,  pihaknya sudah melaporkan Hal tersebut Ke Kementerian PUPR RI.

“Setelah Ada pembebasan lahan di 2019, untuk pengerjaan fisiknya akan segera kami anggarkan,” ungkap Syaiful.

Syaiful menambahkan, meski sudah ada soft opening, Jembatan Musi IV masih akan melalui berbagai uji kelayakan. “Kita sudah lakukan uji beban pada pertengahan Desember, kemudian uji lalulintas dan Amdal pada 3-4 Januari lalu,  hasilnya cukup baik. Memang ada kemacetan, karena lebar Jalan Azhari hanya 4,5 meter. Kami juga harapkan Pemkot Palembang bisa membantu alokasi Dana untuk penerangan jalan,” tutupnya.

Sementara Wali Kota Palembang Harnojoyo menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu terselesaikannya jembatan Musi IV  sebagai salah satu akses alternatif warga Palembang dalam berlalu lintas.

“Semoga ini bisa menjawab keluhan masyarakat akan kemacetan yang selama ini terjadi,  Insya Allah (jembatan musi IV) sudah bisa kita pergunakan,” ungkap Harnojoyo.

Harnojoyo menyebut,  pembangunan jembatan Musi IV ini tidaklah mudah, mulai dari alokasi anggaran hingga proses pembebasan lahan mulai diusulkan sejak tahun 2010 dimana saat itu masih menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Palembang.

“Untuk itu saya meminta kepada masyarakat, mari kita jaga sama-sama jembatan ini yang susah payah kita dapatkan setelah 36 tahun kita hanya memiliki jembatan Ampera. Alhamdulillah, awal tahun ini masyarakat bisa menggunakan jembatan Musi IV,” terangnya.

Sejak mulai dilakukan simulasi lalulintas pada 3-4 Januari lalu, tingkat kemacetan di jembatan Amperan turun hingga 40 persen. “Tapi memang kemacetan terjadi di Jalan Azhari dan kita sudah koordinasikan demgan Dinas PU Binamarga Sumsel untuk anggaran pembebasan lahan menuju Ke Jalan Ahmad Yani,” jelas Harnojoyo.

Penulis: Yanti