Tambah 30 Unit Armada Sampah

0
Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Palembang akan menambah armada pengangkut sampah sebanyak 30 unit. (Foto: Yanti)

Pelitasumatera.com, PALEMBANG Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Palembang akan menambah armada pengangkut sampah pada tahun ini.

“Dari alokasi anggaran yang ditetapkan, armada penanganan sampah akan ditambah sebanyak 30 unit. Dananya full dari APBD Palembang,” kata Kepala DLHK Palembang, Faizal AR.

Ia merinci, penambahan itu terdiri dari 15 dump truck dan 15 kontainer. Dengan penambahan ini, total armada sampah akan menjadi 137 unit, dari sebelumnya tersedia 107 unit.

Faizal menyebutkan, selain dari APBD, DLHK juga mengajukan permohonan bantuan ke pemerintah pusat. “Tahun ini kita dapat bantuan. Tahun depan masih kita ajukan,” ujarnya.

Selain armada, Faizal mengatakan perlu pula penambahan petugas agar sampah di kota metropolis ini bisa ditangani lebih cepat dan optimal.

“Sesuai komitmen wali kota, tahun ini kita juga akan tambah pegawai. Bahkan, ada juga kenaikan gaji untuk kesejahteraan. Apalagi, memang, untuk petugas sampah sudah lama belum ada kenaikan gaji,” ujar Faizal.

Menurut dia, masalah sampah butuh penanganan menyeluruh, manajemen persampahan dari hulu hingga ke hilir.

Terkait hal itu, Pemkot Palembang melalui DLHK mengupayakan penangan sampah dengan sistem insenerator. Jika nantinya pembangunan proyek ini selesai, masalah sampah diyakini bisa teratasi. Sampah yang dibakar dengan insenerator juga dapat dimanfaatkan menghasilkan energi listrik.

Penulis: Yanti