Wisata Naik Delman di Kambang Iwak

Wali Kota Palembang Harnojoyo mencoba delman di Kambang Iwak, Jumat (11/1/2018). (Foto: Yanti)

Pelitasumatera.com, PALEMBANG – Kota Palembang kini punya delman. Kereta yang ditarik kuda ini kini dapat digunakan warga Palembang untuk berwisata keliling Kambang Iwak.

Launching delman wisata Kambang Iwak dilakukan Walikota Palembang Harnojoyo, Jumat (11/1/2018). Pada tahap awal telah tersedia tiga unit delman di Kambang Iwak.

Wali Kota Palembang Harnojoyo menyambut positif keberadaan Delman ini. Dirinya berharap kehadiran delman ini semakin menambah daya tarik wisata di Palembang.

“Satu lagi tambahan bagi yang ingin menikmati Kambang Iwak ini. Kusir delmannya juga harus dibekali pengetahuan tentang sejarah tentang tempat-tempat yang mereka lewati,” ujarnya.

Wali Kota berpesan agar para pemilik delman menjaga kebersihan dan keindahan delmannya. Sehingga keberadaan delman ini dapat sesuai dengan tujuan pariwisata yang diharapkan.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Isnaini Madani menjelaskan, di Palembang dulu pernah ada sado (delman/andong) yang beroperasi di sekitar wilayah Pasar 16 untuk melayani pedagang dan pembeli.

Oleh karena itu, untuk mendorong wisata di Palembang dan menghadirkan kembali nuansa tempo dulu dihadirkan kembali delman di Palembang.

“Di Delman ini akan disiapkan lagu daerah Palembang, dan kusirnya menggunakan pakaian khas Palembang. Delman ini dilarang menaikan dan menurunkan di sembarang tempat, selain tempat khusus yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Tiap penumpang yang naik delman akan akan dikenakan biaya Rp 10 ribu perorang. Isnaini menjamin, delman tersebut akan senantiasa bersih terutama dari kotoran karena telah dilengkapi pampers khusus kuda.

Penulis: Yanti