Pejabat Wajib Laporkan Kekayaan

Sulaiman Amin (Foto: Yanti)

Pelitasumatera.com, PALEMBANG – Pemerintah Kota Palembang meminta semua pejabatnya untuk transparan dalam memberikan data laporan harta kekayaan.

Untuk itu, Senin (28/1/2019) Pemkot melaksanakan pembukaan tata cara pengisian formulir E-LHKPN tahun 2019. Sistem yang digunakan ini ditujukan agar pelaporan harta kekayaan  lebih mudah, cepat dan bermanfaat.

Menurut Asisten I Pemerintah Kota Palembang  Sulaiman Amin, penyusunan pelaporan E-LHKPN ini  akan langsung dikelola operetor. Sehingga di dalam pelaporan ini benar-benar materi yang dilakukan sesuai dengan kenyataan.

Sulaiman meminta, agar laporan harta kekayaan ini benar-benar  transparan. “Kita tidak menginginkan laporan tersebut dikemudian hari akan menimbulkan akibat hukum atau tidak sesuai dari data yang dilaporkan secara online oleh masing-masing operator.”

“Maka dari itu saya harapkan kepada semua pejabat agar segera melaporkan semua harta kekayaan yang mereka miliki, sehingga semua bisa transparan,” jelasnya, saat membuka sosialisasi E-LHKPN di ruang rapat Parameswara.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ratu Dewa menambahkan, jika wajib lapor ada 554 orang, sedangkan  yang belum melaporkan ada 219.

“Ini harus kita tindak lanjuti setelah melalui tahap sosialisasi untuk segera dibuatkan laporan terkait wajib pajak bagi pejabat dan pengelolaan keuangan. Target harus selesai pada akhir Februari ini. Awal Maret harus selesai khususnya bagi mereka yang belum melaporkan dengan jumlah 219 orangn tadi. Jika mereka belum memenuhi maka akan ada sanksi tegas terhadap para pejabat dan pengelolaan keuangan terkait LHKPN,” tegas dia.

Diakui Ratu Dewa, pada pelaporan ini memang masih sering ada kendala sendiri, seperti terkait pada sistemnya yang digunakan. “Misalnya koneksi yang mengalami gangguan karena data tersebut langsung terkoneksi ke KPK. Selain itu juga ada data yang harus diperbaharui terkait seperti ada yang telah meninggal dunia yang namanya masih tercantum disana,” tutupnya.

Penulis: Yanti