PT. SBP Normalisasi Sungai Jadongan

Pelitasumatera.com, BANYUASIN – Sungai Jadongan sepanjang sekitar 200 meter dengan lebar sekitar 6 meter terletak di Kelurahan Tanah Mas Kelurahan Talang Kelapa dilakukan normalisasi oleh PT Sumber Beton Pelangi (SBP), kemarin.

Normalisasi dengan cara pengerukan menggunakan alat berat tersebut merupakan wujud CSR perusahaan yang bergerak di bidang cor beton dalam membantu masyarakat areal pekerjaan PT SBP.

Jimmy Wijaya, selaku Direktur PT Sumber Beton Pelangi (SBP) mengatakan pengerupan sungai Jadongan ini merupakan wujud tanggung jawab PT SBP pada wilayah kerja melalui program CSR. Sehingga dengan upaya normalisasi sungai Jadongan ini dapat membantu masyarakat dari sampah-sampah yang tersendat karena arus sungai yang tidak lancar.

Kemudian, upaya lain juga dilakukan pengangkutan sampah yang menumpuk pada tepi sungai, penimbunan tanah lapangan sekolah serta berbagai upaya lain akan terus berlanjut untuk membantu masyarakat.

Perhatian ini merupakan wujud dari kepedulian PT SBP pada masyarakat sekitar wilayah kerja. “Sekitar 200 meter Sungai Jadongan, kita lakukan normalisasi dengan cara pengerukan menggunakan eskavator,” kata Jimmi, Selasa (22/04/2019).

”Kedepannya diharapkan tidak mengalami banjir lagi, terutama musim penghujan,” kata Andri, warga Tanah Mas.

Diakuinya kalau musim penghujan, sering terjadi banjir karena meluapnya Sungai Jadongan ditambah tidak lancarnya arus air sehingga curahan hujan melebar ke pemukiman warga.

Ia mengucapkan terima kasih kepada pihak kelurahan dan instansi terkait, karena telah fasilitasi pengerukan sungai ini, terutama kepada PT SBP.

Penulis: Rian