Menang Pemilu 2019, Jepang dan Iran Beri Selamat pada Jokowi

Presiden RI Joko Widodo (Foto: Ist)

Pelitasumatera.com, JAKARTA – Perdana Menteri Jepang Abe Shinzo mengucapkan selamat Presiden RI Jokowi atas terpilihnya kembali menjadi Presiden Indonesia dengan kemenangan yang gemilang.

Lewat pembicaraan per telepon pada Rabu, 22 Mei 2019, Abe mengatakan senang dapat melanjutkan kerja sama dengan Presiden Joko Widodo.

Abe mengatakan Indonesia merupakan mitra yang sangat penting bagi Jepang karena kedua negara kita telah berbagi nilai-nilai universal seperti kebebasan, demokrasi, HAM dan supremasi hukum.

Abe juga menyampaikan kegembiraan atas peresmian MRT Jakarta sebagai lambang persahabatan kedua negara di bidang infrastruktur pada Maret lalu dan berharapan bisa memperkokoh hubungan kedua negara, berdasarkan laporan dari ‘Project 2045’ yang disusun oleh para pakar kedua negara.

Presiden Jokowi berterima kasih atas ucapan selamat dari Perdana Menteri Abe tersebut. Sama seperti Abe, Jokowi juga menantikan kesempatan untuk bekerja sama dengan Perdana Menteri Abe memperkokoh kemitraan strategis kedua negara pada era kekaisaran Reiwa yang baru demi kepentingan rakyat kedua negara kita.

Ucapan selamat kepada Jokowi karena terpilih kembali menjadi Presiden RI juga disampaikan oleh Presiden Iran, Hassan Rouhani, Kamis, 23 Mei 2019.

Rouhani mengatakan hubungan Iran – Indonesia telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir dan pada periode kedua pemerintahan Jokowi, Rouhani berharap hubungan Teheran – Jakarta akan berkembang lebih jauh lagi.

Dikutip dari irna.ir, Rouhani mengatakan negaranya gembira posisi Indonesia yang tidak memihak pada masalah-masalah internasional yang muncul.

Indonesia – Iran juga memiliki kesamaan dalam melakukan pendekatan logis dan tekad kedua negara untuk tidak dipengaruhi oleh tekanan ekstra-yudisial dan unilateralisme negara-negara tertentu yang menyerukan sanksi tidak adil.

Menurut Presiden Rouhani, Tehran dan Jakarta akan menggunakan kapasitas yang ada untuk memperkuat persahabatan kedua negara. Dia pun mendoakan Presiden Jokowi selalu diberikan kesehatan dan masyarakat Indonesia dianugerahi kemakmuran serta kejayaan.

Komisi Pemilihan Umum atau KPU pada Selasa, 21 Mei 2019 mengumumkan pasangan calon nomor urut 01, Jokowi – Ma’ruf mendapat 55,50 persen suara. Sedangkan, pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto – Sandiaga Salahuddin Uno mendapat 44,50 persen suara.

Sumber: Tempo