Selain Sulit BAB, Ini Tanda Tubuh Kurang Serat

Sayuran kaya akan serat (Foto: Ist)

Pelitasumatera.com, PALEMBANG – Di bulan puasa seperti saat ini pastikan kebutuhan serat tercukupi. Kebutuhan serat terpenuhi jika mencapai 38 gram untuk pria dewasa dan 30-32 gram untuk wanita dewasa.

Jika tubuh kurang serat, bakal menunjukkan beberapa tanda. Seperti dilansir laman Care2, berikut sejumlah tanda ketika tubuhmu kekurangan serat.

  1. Kolesterol Tinggi

Kekurangan serat pada tubuh bisa meningkatkan angka kolesterol jahat dalam tubuh. Pasalnya, serat sendiri mampu menyerap zat berbahaya yang dapat menambah kolesterol jahat. Sebuah penelitian mengungkap bahwa tingginya serat dikaitkan dengan menurunnya kolesterol total dan LDL hingga 60-70 persen.

  1. Kenaikan Berat Badan

Konsumsi makanan berserat bisa membuat perut kamu merasa kenyang lebih lama. Makanan rendah serat sendiri biasanya tidak membuat perut cepat kenyang sehingga cenderung makan berlebih dan membuat berat badan meningkat.

  1. Cepat Merasa Lapar

Manfaat serat yang membuat perut kenyang lebih lama menyebabkan kamu tak mudah lapar. Sedangkan ketika kamu kekurangan mengonsumsi serat maka perut akan mudah merasa lapar.

  1. Sulit Buang Air Besar

Kekurangan serat mampu membuat sistem pencernaan kamu bergerak dengan lambat. Oleh karena itu sembelit kronis bisa terjadi pada tubuh kamu yang kekurangan serat khususnya serat larut yang mampu mendorong pergerakan usus.

Kandungans erat ini bisa kamu peroleh dari konsumsi sayur, buah, gandum, dan biji-bijian. Pastikan untuk mengonsumsi sejumlah bahan kaya serat ini untuk menjaga kesehatan tubuhmu.