Ide Pemekaran Palembang, Wali Kota: Lihat Dahulu Potensinya

0
Wali Kota Palembang, Harnojoyo (Foto: Ist)

Pelitasumatera.com, PALEMBANG – Wali Kota Palembang, Harnojoyo menilai keinginan masyarakat agar pemekaran kota Palembang bisa terlaksana, harus diketahui dahulu potensinya.

Hal ini disampaikan Harnojoyo saat ditanya awak media mengenai adanya deklarasi presidium persiapan pembentukan kabupaten Palembang Ulu yang telah digelar Senin (10/6) oleh masyarakat yang mengatasnamakan masyarakat seberang ulu.

“Soal pemekaran saya apreasiasikan, namun itu perlu dikaji dahulu potensinya,” ujarnya usai mengadiri acara halal bihalal di rumah dinas Walikota Palembang, Selasa (11/6/2019).

Dikatakan Harno, dia mengapreasiasikan apa yang telah dilakukan masyarakat tersebut. Semangat pemekaran Palembang Ulu bertujuan agar pembangunan lebih merata, dan mensejahterakan masyarakat,

“Tapi memang perlu kajian akan potensi tersebut lebih dalam lagi,” pungkasnya.

Sementara Asisten I Pemerintah Kota Palembang, Sulaiman mengatakan pemekaran suatu wilayah hendaknya memenuhi tiga persyaratan yakni jumlah penduduk, pertumbuhan ekonomi, dan luas wilayah.

“Wilayah yang dimekarkan, ada persyaratannya yang sesuai dengan Peraturan Pemerintah maupun Kemendagri, adapun tujuan pemekaran itu agar pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih baik,” katanya.

Pemerintah akan mengikuti keinginan masyarakat dalam memaksimalkan pelayanan, termasuk pemekaran Palembang Ulu, seperti Jakabaring Sport City (JSC) sebagai tempat wisata yang lebih dekat dengan masyarakat Seberang Ulu, “Maka diperlukan pelayanan tempat rekeasi,” ungkapnya.

Adapun, wacana pemekaran ini pun telah sesuai dengan harapan Pemprov Sumsel, agar wilayah kota Palembang diperluas sesuai dengan wilayah yang telah ditetapkan sebagai ibukota Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). (yan)