Minimalisir Jumlah Sampah, Pemkot Palembang Buat Bank Sampah di Kelurahan

Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda (Foto: Ist)

Pelitasumatera.com, PALEMBANG – Guna meminimalisir jumlah sampah di Metropolis, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang akan membuat bank sampah di setiap kelurahan.

Hal tersebut dikatakan Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda usai rapat di ruang Setda II Pemkot Palembang, Rabu (12/6/2019).

Dia mengatakan, rencana pembuatan bank sampah bertujuan mengurangi beban jumlah sampah di TPA Sukawinatan dan Karya Jaya.

“Ada 19 titik tambahan di Kelurahan/Kecamatan selain Kalidoni yang akan dibangun Bank Sampah di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) nya,” ungkapnya.

Menurut Fitri, jumlah sampah yng dihaailkan masyarakat yang semakin membengkak menjadi alasan pembuatan bank sampah tersebut.

“Hampir setiap hari sebanyak 1.400 ton segala jenis sampah dihasilkan warga kita (Kota Palembang). Ditambah lagi usai Idul Fitri sampahnya luar biasa banyak,” ungkapnya.

Ditambahkan Fitri, bank sampah sendiri akan berfungsi memilah sampah yang bisa didaut ulang.

“Termasuk sampah plastik yang akan dicacah menjadi premium dan solar, secepatnya akan kami realisasikan. Kami berharap jumlah sampah dapat diminimalisir, bahkan nanti akan kami sosialisasikan ke masyarakat,” ujarnya.

Dalam uapaya tersebut, Fitri mengaku akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi terkait posisi sebagian titik yang bakal dibuat TPS adalah lahan milik Pemprov Sumsel.

Penulis: Moch. Hilmy AZ