IPM Palembang di Atas Nasional

Gubernur Herman Deru dan Wako Harnojoyo hadir di paripurna HUT Kota Palembang ke-1.336. (Foto: Ist)

Pelitasumatera.com, PALEMBANG – Wali Kota Palembang H Harnojoyo mengajak seluruh elemen untuk kerja keras mewujudkan cita-cita pembangunan. Patut disyukuri di HUT ke1336 ini, Kota Palembang mengukir banyak prestasi.

Pernyataan tersebut diutarakan Haronjoyo pada paripurna istimewa HUT ke-1336 Kota Palembang, kemarin. Paripurna  dihadiri oleh Gubernur Sumsel, Herman Deru, sejumlah pejabat Pemkot Palembang, ormas, tokoh masyarakat dan legiun veteran.

Harnojoyo  mengingatkan warga Palembang untuk bersyukur karena dikaruniai wilayah yang berpotensi dengan keagungan luhur warisan Sriwijaya. Oleh karena itu, pada HUT Kota Palembang ini,  Harnojoyo mengajak untuk mewujudkan ekonomi umat dengan semangat gotong royong dan subuh berjamaah menuju Palembang Emas 2023.

“Dengan semangat gotong royong dan subuh berjamaah program dan tujuan kita akan tercapai.  Gotong royong menanamkan nilai kebersamaan dan subuh berjemaah mengajarkan keikhlasan,” ujarnya.

Untuk membangun ekonomi umat melalui rumah-rumah ibadah, komitmen Pemerintah Kota Palembang dalam dua tahun terakhir dengan memberikan kredit tanpa bunga kepada UMKM.

Harnojoyo menjelaskan, peringatan hari jadi Kota Palembang sebagai sarana untuk menakar prestasi untuk terus berkarya memajukan masyarakat. Dirinya mengajak untuk bersyukur atas prestasi yang berhasil ditorehkan.

Sejumlah prestasi tersebut antara lain  dalam pelayanan publik yaitu mendapatkan penghargaan Investment Award atas pelayanan satu pintu terbaik. Pariwisata Kota Palembang mendapatkan dua destinasi wisata populer Kampung Al-Munawar dan Alquran Akbar pada anugerah pariwisata nasional.

Didapat juga berturut-turut penghargaan wajar tanpa pengecualian dari BPK. Terakhir mendapatkan penghargaan rekor MURI untuk subuh berjamaah.

Selain itu, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Palembang Tahun 2018 berada di atas rata-rata provinsi dan nasional yaitu 77,89, merupakan yang tertinggi di Sumatera Selatan. Ini merupakan hasil kerja keras seluruh elemen Kota Palembang.

“Mari kita bersama kerja keras dan mewujudkan cita-cita pembangunan Kota Palembang yang masih belum terwujud. Mari kita tingkatkan kinerja kita dengan bekerja lebih giat,  agar akselerasi pembangunan mampu mensejahterakan masyarakat Kota Palembang,” ujarnya.

Sebelumnya, juga digelar upacara di Plaza BKB. Pada kesempatan tersebut dilakukan pemberian penghargaan kepada sekolah dan siswa SD SMP peraih nilai UN tertinggi.

Penyerahan buku Citra Daerah dari Kepala Arsip Nasional DR Mustari Irawan kepada Walikota Palembang, Ketua DPRD Palembang, dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Palembang. Acara diakhiri dengan pengguntingan pita tanda dibukanya Pameran Kearsipan dan Wawasan Kebangsaan. (yan)