Wawako: Tarik Pungli, Sekolah Bakal Disanksi

Pelitasumatera.com, PALEMBANG – Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda menegaskan, bila pendidikan berkualitas ialah hak setiap masyarakat dan untuk menyediakannya adalah tanggung jawab pemerintah.

“Jangan bebankan biaya pendidikan kepada masyarakat khususnya yang kurang mampu, itu tugas kita (Pemerintah Kota Palembang) untuk memberikan pelayanan kepada mereka,” ungkap Fitri, sapaan akrab Wakil Walikota Palembang saat bersilahturahmi bersama setiap Kepala SMP Negeri di Kota Palembang di ruang Parameswara Setda Kota Palembang, Jumat (12/7/2019).

Kota Palembang sendiri, lanjut dia, saat ini sangat memfokuskan diri pada pelayanan pendidikan dan kesehatan, karena dua poin ini adalah hal terpenting dalam kehidupan.

“Kita sepakati seragamnya seperti dulu saja untuk SMP seragam putih-biru dan olahraga, pramuka,” paparnya.

Fitri menjelaskan, setiap kebijakan yang diambil pasti ada konsekuensinya, ada sanksinya berupa pidana bagi sekolah yang kedapatan melakukan pungli.

“Akan segera kita tindak bila ada sekolah yang kedapatan melakukan pungli seperti meminta uang seragam, SPP, ujian, ulang tahun sekolah, uang LKS dan lain sebagainya. Bila memang ada kendala ditagihan listrik dan air maka segera komunikasikan, dan segera kita carikan solusinya,” tukasnya. (yan)