Pemkot Palembang Optimistis Kembali Jadi Kota Sehat

Asisten III Bidang Pemerintahan Kota Palembang, Agus Kelana (kiri) saat menerima tim penilai KKS (Foto: Ist)

Pelitasumatera.com, PALEMBANG – Pemerintah Kota Palembang optimistis dapat meraih kembali predikat sebagai kota sehat pada tahun ini. Sebelumnya, Kota Palembang telah mendapat penghargaan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) pada 2011 dan 2015 lalu.

Asisten III Bidang Pemerintahan Kota Palembang, Agus Kelana, mengatakan pihaknya siap untuk dinilai karena berbagai upaya dan langkah Pemkot Palembang telah dilakukan dengan menjalankan program gotong-royong.

“Meskipun pada tahun 2011 dan 2015 mendapat penghargaan kota sehat, 2017 mendapat penghargaan kota sehat Wiwerda. Ya kita harus optimistis dalam meraih dan mempertahankannya,” katanya saat menerima Tim Penilai KKS, Senin (12/8/2019).

Agus mengatakan, pihaknya juga memastikan siap untuk ikut serta dalam pelaksanaan penilaian Kabupaten/Kota Sehat tingkat nasional pada 12 Agustus-13 Agustus 2019 ini.

Tim penilai berencana akan berkunjung ke beberapa lokasi, antara lain ke SMA Negeri 1 Palembang yang pernah mendapat penghargaan sekolah adiwiata, kemudian ke kampung iklim Kalidoni, bank sampah, dilanjutkan kunjungan ke kampung ikan hias II Ilir.

“Mereka tiga hari di Palembang untuk melakukan penilaian dengan melihat peran serta masyarakat kita menjaga kebersihan,” katanya.

Di tempat yang sama, Tutut dari Tim Penilai KKS menambahkan setelah berkeliling ke Kota Palembang ternyata point utama yang sudah dijalankan kota itu yakni program gotong-royong.

Hal ini menunjukkan kota itu sudah berkomitmen menjalankan hidup sehat yang dipimpin langsung Walikota Palembang.

“Hal ini juga akan menjadi penilaian kami, bagaimana peran masyarakat dalam mendukung program yang dijalankan walikota seperti merawat keindahan kota menjaga kebersihannya karena bersih, nyaman dan sehat kota tersebut akan terlaksana dari kesadaran masyarakat itu sendiri,” katanya. (yan)