DPMPTSP Palembang, Pertama di Indonesia Terapkan Validasi STR Dokter dan Dokter Gigi Secara Online

Pelitasumatera.com, JAKARTA – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Palembang, menjadi kota pertama yang mewujudkan integrasi data (open web server) validasi Surat Tanda Registrasi (STR) dokter dan dokter gigi secara online berkerja sama dengan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI).

Penandatanganan nota kesepakatan naskah kerja sama kedua pihak antara KKI dengan Pemkot Palembang ini  berlangsung di lantai IV Gedung KKI Jalan Teuku Cik Ditiro Jakarta Pusat, Jumat (6/9/2019).

Sekretaris Konsil Kedokteran Indonesia, Dr dr Gema Asiani mengatakan, Palembang menjadi kota pertama di Indonesia yang telah menerapkan validasi STR tersebut.

“Ini menjadi contoh bagi DPMPTSP di seluruh Indonesia untuk mengikuti jejak DPMPTSP Palembang untuk menerapakan validasi STR dokter dan dokter gigi secara online” jelasnya.

Dikatakan Gema yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang ini, pihaknya sangat menyambut baik kerja sama yang bertujuan untuk memberikan pelayanan publik untuk mempermudahkan masyarakat memberikan pelayanan yang cepat, tepat, transparan dan aman.

“Dalam era revolusi industri 4.0 pelayanan berbasis teknologi adalah jawabannya,” tegasnya.

KKI yang saat ini sudah terintegrasi dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Doktet Gigi Indonesia (PDGI), sistem STR online ini sangat memudahkan baik KKI maupun pemerintah daerah dalam memberikan STR.

“Ini juga bisa menjadi solusi yang baik, di mana kita jadi bisa mengetahui di mana mereka (para dokter –red) praktek. Begitu juga Kota Palembang melalui DPMPTSP, bisa mengetahui para dokter itu sah dan teregistrasi resmi,” kata Gema.

Dia merincikan, di Palembang dokter yang telah STR berjumlah dokter umum sebanyak 2.440, dokter gigi 466, dokter gigi spesialis 34 dan dokter spesialis berjumlah 924 orang.

Di tempat yang sama Kepala DPMPTSP Kota Palembang, Akhmad Mustain mengatakan, kerja sama yang telah terwujud ini, Palembang telah menjadi kota pertama di Indonesia yang menerapkan verifikasi STR Dokter secara online untuk perizinan praktek dokter.

“Jadi, bisa memangkas waktu pelayanan. Tidak perlu tatap muka antara pemohon dengan termohon. Bahkan, cukup satu hari, perizinan STR Dokter (untuk dokter umum, dokter gigi, maupun dokter spesialis, ini bisa selesai,” kata Mustain.

Ia menjelaskan, salah satu persyaratan dari izin praktek bagi dokter itu adalah menunjukkan STR yang dikeluarkan oleh KKI.

DPMPTSP Palembang selanjutnya mengkonfirmasi nomor STR, melalui database yang terkoneksi online dengan KKI.

“Jika STR itu dinyatakan valid oleh KKI, selanjutnya kami tandatangani secara digital, dan izin itu akan kita berikan via email kepada pemohon. Jadi, benar-benar memanfaatkan teknologi, tanpa tatap muka, antara dokter umum, gigi, spesialis selaku pemohon maupun kita, DPMPTSP dan Dinas Kesehatan selaku unsur teknis dalam proses perizinan STR ini,” Mustain memaparkan.

Untuk saat ini, proses perizinan STR melalui website. “Ke depan, akan kita kembangkan untuk ponsel, via android maupun IOS,” kata Mustain pula.

Ia menambahkan, selain kemudahan dan memangkas waktu pengurusan, dengan STR online ini bisa meniadakan pungutan-pungutan liar.

“Penerapan STR Dokter ini juga bagian dari percepatan pelayanan publik dengan memanfaatkan teknologi informasi,” kata Mustain. (rel)