Sumber Api Berkurang, Kabut Asap di Palembang Mulai Menipis

Pelitasumatera.com, PALEMBANG – Kabut asap di Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) mulai terlihat menipis. Kabut asap mulai menipis karena sumber api mulai berkurang.

“Heli water bombing ada empat unit yang kita turunkan kemarin untuk pemadaman api di Ogan Komering Ilir, bisa kita lihat asap berkurang. Namun upaya pemadaman di lokasi tetap dilanjutkan hari ini,” kata Kabid Penanganan Kedaruratan BPBD Sumsel, Ansori ketika dikonfirmasi, Jumat (6/9/2019).

Selain itu, kelembaban udara di wilayah Sumsel juga mulai menurun. Hal ini juga disebut menjadi faktor yang membuat kabut asap berkurang.

“Faktor kedua ini karena kelembaban di wilayah Sumatera Selatan sudah mulai menurun. Tidak setinggi kemarin, maka otomatis kabut bekurang dan asap juga menipis,” katanya.

Kabut asap dari kebakaran lahan sempat menyelimuti Kota Palembang dan Ogan Komering Ilir pada Kamis (5/9). Akibatnya satu jadwal penerbangan terganggu dan jalanan tertutup asap.

Dinas Kesehatan Sumsel juga membagikan 11 ribu masker ke masyarakat. Pemerintah juga meminta masyarakat mengurangi aktivitas di luar rumah saat kabut asap kembali tebal. (ran)