Potensi Zakat ASN Pemkot Palembang Capai Rp 18 M

Ratu Dewa (Foto: Ist)

Pelitasumatera.com, PALEMBANG – Ada 15 ribu Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menjadi objek potensial zakat di lingkungan Pemerintah Kota Palembang.

Mengungkapkan hal itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Ratu Dewa mengatakan jika satu pegawai bisa memberikan zakat sebesar Rp100 ribu per bulan, maka Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Palembang, mampu menghimpun zakat dalam satu bulan Rp1,5 miliar.

“Jika satu bulan bisa mencapai Rp1,5 miliar, artinya dalam satu tahun zakat yang bisa dhimpun Rp18 miliar. Artinya, Baznas dapat lebih banyak membantu masyarakat yang membutuhkan,” ungkapnya disela-sela kegiatan Syiar Islam dengan tema Kebangkitan Zakat Menyongsong Emas Darussalam 2023, yang dilaksanakan di The Zuri Hotel, Selasa (10/9/19).

Dewa memastikan jika Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang akan menjadi baris terdepan untuk optimalisasi zakat di kalangan ASN.

Salah satu upaya upaya untuk optimalisasi zakat melalui Baznas di kalangan ASN adalah, akan ada sanksi bagi yang tidak menyalurkan zakatnya melalui Baznas.

“Ini adalah panggilan kewajiban bagi umat Islam yang harus digerakkan untuk kebangkitan zakat serta pemberdayaan ekonomi umat,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Kota Palembang, Saim Marhadan sangat berharap optimalisasi zakat di kalangan ASN di Palembang dapat mencapai 100%. Dengan begitu apa yang diharapkan Walikota terkait pemberdayaan ekonomi umat dari zakat dapat tercapai.

“Seperti yang disampaikan Sekda, jika satu ASN bayar zakat Rp100 ribu maka dana yang bisa dihimpun bisa mencapai Rp1,5 miliar. Tidak usah Rp100 ribu, kalo ASN bayar zakat Rp85 ribu saja, perbulan Rp1,2 miliar, satu tahun Rp14 miliar miliar, sesuai target Walikota Palembang,” tuturnya.

Dengan capaian zakat dari ASN mencapai 100%, maka akan lebih banyak kegiatan yang dapat dilakukan Baznas, seperti bedah rumah, bantuan untuk anak yatim dll.

“Saat ini saja ada satu rumah yang kita perbaiki. Semoga akan lebih banyak rumah yang bisa kita perbaiki melalui zakat ASN di Baznas,” ulasnya.

Saim menerangkan, melalui kegiatan Syiar Islam dengan tema Kebangkitan Zakat Menyongsong Palembang Emas Darussalam 2023, maka apa yang dicita-citakan Walikota dan Wakil Walikota Palembang diharapkan dapat terwujud.

“Kegiatan ini sebenarnya untuk menyemarakan Bulan Muharram dengan berbagai kegiatan keagamaan. Dimana, dalam kesempatan itu juga diserahkam secara simbolis santunan imam tahfiz, duafa, anak yatim, dan usaha kecil,” tandasnya. (hmy)