Pemancing Kaget Tangkap Ikan ‘Dinosaurus’

Pelitasumatera.com, NORWEGIA – Seorang pemancing di Norwegia terkejut setengah mati karena menangkap ikan yang aneh. Dia bahkan sampai hampir meloncat dari kapalnya setelah melihat ikan tersebut menggelepar di ujung kail.

Ikan yang ditangkap Oscar Lundahl itu matanya begitu besar dan bentuknya agak ganjil. Rupanya, ia termasuk dalam spesies ratfish dan hidup di kedalaman air sehingga jarang tertangkap. Matanya yang besar diyakini membantunya melihat di bawah laut.

Meski tak berbahaya bagi manusia, penampilannya memang bikin kaget. Lundahl berkisah bahwa dia sebenarnya sedang mencari ikan jenis halibut biru dan memancing sampai kedalaman 800 meter dengan alat.

Kami sedang mencari halibut biru yang merupakan spesies langka sekitar 8 kilometer dari pantai,” kisahnya, seperti dikutip dari News.com.au.

“Saya melepas 4 pancing dan kemudian merasakan sesuatu yang cukup besar. Perlu waktu sekitar 30 menit bagi saya untuk menariknya karena berada di kedalaman 800 meter,”

“Ada dua halibut di dua pancing dan saya melihat sesuatu yang lain. Saya tak pernah melihatnya sebelumnya. Terlihat aneh, seperti dinosaurus. Saya tak tahu itu apa, tapi kolega saya tahu,” cetus Lundahl.

Karena perubahan suhu yang ekstrim, ratfish tersebut mati. Tak ingin membuangnya begitu saja, Landahl memutuskan menggorengnya dan ternyata menurutnya rasanya lezat. “Seperti ikan cod, tapi lebih enak.”