Peserta JKN-KIS Kota Palembang Tembus 95,28 Persen

Gedung Pemerintah Kota Palembang (Foto: Ist)

Pelitasumatera.com, PALEMBANG – Peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) Kota Palembang, Sumatera Selatan sudah mencapai 95,28 persen dari total penduduk kota itu sehingga daerah ini sudah bisa dinyatakan telah mencapai universal health coverage (UHC).

Asisten I Pemerintah Kota Palembang Faisal AR di Palembang, Jumat (20/9), mengatakan jumlah penduduk yang terdaftar sebagai peserta JKN-KIS sebanyak 1,51 juta jiwa dari total 1,59 juta jiwa penduduk Palembang.

“Pencapaian target UHC ini tak lepas dari dukungan dari semua pemangku kepentingan,” kata dia.

Faisal mengatakan salah satu langkah efektif yang dilakukan untuk mencapai UHC ini yakni Pemkot Palembang telah mengintegrasikan jaminan kesehatan daerah (Jamkesda) ke dalam program JKN-KIS yang diselenggarakan BPJS Kesehatan.

Sebelumnya, Deputi Direksi BPJS Wilayah Sumsel, Babel dan Bengkulu Elsa Novelia mengatakan pihaknya mengapresiasi langkah Pemkot Palembang untuk mencapai UHC.

“Salah satu segmen terpenting adalah didaftarkannya kepesertaan JKN-KIS oleh Pemerintah Daerah melalui integrasi Jamkseda. Sampai saat ini sejumlah kabupaten/kota berpacu untuk memberikan perlindungan kesehatan untuk masyarakatnya,” kata dia.

Elsa memaparkan dari 514 kabupaten/kota di Tanah Air tercatat sudah 498 kabupaten kota yang mengintegrasikan Jamkesda ke dalam Program JKN-KIS.

Namun demikian, kata dia, belum semua mencapai UHC karena UHC terpenuhi pada saat telah mencapai 95 persen penduduknya terlindungi jaminan kesehatan.

“Dengan adanya komitmen dari pemerintah kota kami menyakini bahwa perlindungan kesehatan di Kota Palembang semakin meningkat dan dengan tercapainya UHC kota Palembang, semoga seluruh masyarakat di Palembang mampu mencapai derajat kesehatan yang maksimal,” kata dia. (ant)