42 Perusahaan Buka Lowongan di Job Fair Pemkot Palembang

Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda (Foto: Ist)

Pelitasumatera.com, PALEMBANG – Dinas Tenaga Kerja atau Disnaker Kota Palembang mencatat ada sekitar 1.800 pencari kerja berdasarkan permintaan kartu AK1. Dari jumlah tersebut, ada yang pengangguran hingga belum mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

Untuk mengurangi angka pengangguran tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, rutin melaksanakan kegiatan job fair, minimal satu kali dalam satu tahun.

Kali ini, ungkap Kepala Disnaker Kota Palembang, Edison, kembali mengadakan job fair, bekerjasama dengan puluhan perusahaan yang ada di Kota Palembang.

Pada tahun ini, kegiatan Job Fair diadakan selama tiga hari, yakni 25-27 September 2019, di PTC Mall, yang terletak di Jl. R Soekamto Palembang.

“Ada 42 perusahan yang ikut berpartisipasi dalam job fair ini dengan 2200 peluang,” terangnya.

Edison mengatakan, untuk para pencari kerja bisa langsung mengajukan lamaran ke semua perusahaan yang ada dan tidak dipungut biaya.

“Sasaran job fair ini adalah untuk menyerap pencari kerja menengah ke bawah,” jelasnya.

Kegiatan job fair ini diadakan, selain upaya meningkatkan penyerapan tenaga kerja, kegiatan ini bertujuan untuk menyalurkan sumber daya produktif di Kota Palembang serta memberikan fasilitas kepada perusahaan untuk melakukan rekrutmen mendapatkan SDM yang terbaik di perusahaannya.

“Inilah cara kami¬† memfasilitasi para pencari kerja melalui job fair ini, semoga ini bermanfaat baik bagi para pencari kerja maupun perusahaan yang merekrut tenaga kerja,”¬†harapnya.

Terpisah, Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda mengatakan, pihaknya akan membuat aplikasi khusus untuk mempermudah para pencari kerja mengakses lowongan kerja dari 4.200 perusahaan yang ada di Palembang.

Aplikasi tersebut saat ini sedang digarap. Sehingga diupayakan tahun depan bisa menyerap angka pengangguran di Palembang.

“Sehingga nantinya para pencari kerja bisa mengakses langsung perusahaan yang menyediakan lowongan, sehingga tidak perlu jauh-jauh mengirinkan lamaran kerja,” katanya. (hmy)