2020, Semua Kelurahan di Palembang Terintegrasi

Gedung Pemerintah Kota Palembang (Foto: Ist)

Pelitasumatera.com, PALEMBANG – Pemerintah kota Palembang menargetkan tahun 2020 semua kelurahan di kota Palembang akan terintegrasi layanan “Si Demang” atau Sistem Administrasi Online Masyarakat Palembang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Kominfo kota Palembang, Yanuar Pan usai pembukaan sosialisasi aplikasi Si Demang di ruang parameswara Pemkot Palembang, Jumat (27/9).

“Dalam aplikasi Hallo Palembang ini banyak menunya ada 28. Nah salah satu diantaranya yakni Si Demang ini,” ujarnya.

Dijelaskannya, Si Demang merupakan alur layanan administrasi ke masyarakat secara online. Dimulai dari tingkat kelurahan sehingga masyarakat tak perlu datang lagi ke kantor atau kelurah.

“Kita ujicoba dulu ini dilima kecamatan diantaranya Kalidoni, Ilir Timur 1, Ilir Timur II, Bukit Kecil dan Ilir Barat I dengan jumlah 34 kelurahan,” jelasnya.

Nantinya, ujicoba ini diberikan pendampingan bagi pegawai kelurahan agar bisa menggunakan Si Demang ini.

“Dari hasil ujicoba ini kan akan kita ketahui apa permasalahannya. Internet juga harus mendukung. Target kita 107 kelurahan ini akam terintegrasi semuanya,” beber dia.

Ia menjelaskan masyarakat bisa melihat berkas yang diurus itu sudsh sampai mana. “Jadi prosedurnya ya tetap ke kantor kelurahan dulu pertamanya. Nanti selanjutnya bisa dilihat di aplikasi Hallo Palembang program Si Demang ini,” jelas Yanuar.

Sehingga kata dia, pelayanan dan kinerja pegawai pun juga bisa dilihat dari aplikasi ini. “Kalau surat yang diurus gak jalan-jalan juga kan artinya kinerjanya gak baik,” tegasnya. (hmy)