HUT ke 74 OKI, Ini Makna Filosopi Logo dan Tagline-nya

Pelitasumatera.com, KAYUAGUNG – Kabupaten Ogan Komering Ilir akan memperingati Hari Jadi ke 74 pada Jum’at (11/10). Pemkab OKI menetapkan logo, tema dan tagline yang memiliki nilai filosofis tersendiri.

Tim branding logo, tema dan tagline HUT ke 74 OKI, Adi Yanto mengatakan proses pembuatan logo dan tema tersebut melalui proses yang panjang.

“Kami mengusulkan setiap tahun ada perancangan identitas untuk memberikan implementasi program, kinerja pemerintah yang ingin disampaikan ke masyarakat,” kata Adi, Kamis (10/11).

Lebih lanjut, pihaknya menyampaikan pentingnya proses profesional terkait perancangan identitas oleh lembaga pemerintah.

“Kami berupaya ada proses profesional dalam perancangan identitas daerah. Jadi bukan sekedar pembuatan logo, tapi penyampaian makna, Pesan yang akan disosialisasikan kepada masyarakat,” imbuh dia.

Makna dan Filosofi

Tema dan tagline HUT OKI 74 “Bergerak Maju Bersama.

“Semangatnya adalah gerakan untuk maju bersama,” kata Adi.

Tema ini tambahnya sejalan dengan visi OKI Mandira, Visi Sumsel Maju untuk Semua dan Indonesia Maju, Berdaulat, Berkepribadian.

Adi menyebut makna angka 74 dengan garis-garis hexigonal menggambarkan tentang gerakan energik, gerakan bersama.

“Jadi kerja pembangunan bukan hanya kinerja Kepala Daerah, Eksekutif, Legilatif, Yudikatif tapi kerja semua elemen masyarakat,” kata Adi.

Adi menjelaskan nilai filosofis dari logo 74 juga terdapat pada garis elevasi dalam logo, hal tersebut melambangkan visi untuk selalu menjadi lebih maju.

“Di dalam logo terdapat garis elevasi melambangkan visi untuk selalu menjadi yang terbaik, dan garis yang bergerak ke kanan melambangkan pergerakan ke arah yang lebih baik,” tuturnya.

Dari angka 4 yang membentuk garis petir melambangkan gerak, kerja, energi yang menginspirasi dari atas ke bawah.

Sedangkan warna garis hexagonal tambahnya mengacu ke warna branding OKI Mandira dengan tujuh warna dasar. (leo)