Polresta Palembang Naik Tipe Jadi Polrestabes

PALEMBANG – Status Kepolisian Resor Kota (Polresta) Palembang resmi berganti nama. Berdasarkan surat telegram Kapolri Nomor 1887 tertanggal 8 November 2019, Polresta naik tipe menjadi Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Palembang.

“Perubahan nama ini berdasarkan surat telegram resmi dari Kapolri. Jadi sejak hari ini Polresta naik tipe menjadi Polrestabes Palembang,” ujar Kapolda Sumsel, Irjen Pol Firli Bahuri, usai memimpin upacara peresmian kenaikan tipe Polrestabes Palembang di halaman Markas Polrestabes Palembang, Jumat (8/11/2019).

Dijelaskan Firli, kenaikan tipe Polrestabes Palembang berdasarkan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002. Disebutkannya, struktur organisasi Polri menyesuaikan dengan berkembangnya organisasi pemerintahan yang berpengaruh pada kebijakan di suatu daerah.

“Polrestabes Palembang merupakan satu dari tiga Polres di Indonesia yang mengalami kenaikan tipe,” kata Firli, tanpa menyebutkan dua Polres yang dimaksud.

Pengajuan kenaikan tipe Polrestabes Palembang telah dimulai sejak 2015. Pengajuan itu terus digodok di Mabes Polri hingga realisasinya pada tahun 2019 ini.

“Tentu dengan adanya kenaikan tipe ini akan meningkatkan kinerja Polrestabes Palembang dalam mengayomi dan melayani masyarakat,” ujar Firli. (myd)