Disdukcapil Palembang Disorot, Ratu Dewa Minta Disdukcapil Berubah

0

PALEMBANG –¬†Wali Kota Palembang Harnojoyo memerintahkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang, Ratu Dewa memperbaiki pelayanan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Ratu Dewa sejak pagi pukul 06.30 WIB, Senin (11/11) sudah berada di kantor yang beralamat di Jalan Demang Lebar Daun Palembang.

Kedatangan orang nomor satu ASN di lingkungan Pemkot Palembang tersebut akibat menurunnya penilaian hasil evaluasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) terhadap pelayanan yang dilakukan di Dukcapil Palembang.

Saat tiba di Kantor Disdukcapil, Sekda baru menemui beberapa pegawai yang terlihat datang.

Melihat Sekda yang datang, pegawai tersebut nampak sibuk menelpon rekannya yang lain, mengisyaratkan untuk segera datang ke kantor.

Meski beberapa orang pegawai yang datang, Ratu Dewa pun langsung mengecek dan berkeliling kantor.

Barulah setelah itu, beberapa pegawai mulai berdatangan, Waktu telah menunjukkan pukul 07.15 WIB apel pun belum dimulai.

“Kehadiran saya datang ke sini diperintahkan walikota. Itu dulu yang perlu dicatat. Karena pak wali minta adanya perubahan di Disdukcapil. Sebab sepanjang tahun 2019 Disdukcapil tak dapat penghargaan,” kata Dewa.

Menurut dia, dirinya sudah empat kali ditegur oleh deputi pelayanan, mengingatkan rendahnya pelayanan di Disdukcapil.

“2019 pelayanan perijinan dan kesehatan yang dapat penghargaan dari Kemenpan RB, Capil tidak dapat makanya saya datang kesini untuk memberikan perubahan,” kata dia.

Setelah apel, Dewa meminta pejabat struktural Disdukcapil untuk breafing bersamanya. “Setelah apel saya minta breafing dulu,” kata dia.

Dewa juga mengingatkan pegawai baik itu non PNS dan PNS untuk memberikan pelayanan yang ramah kepada masyarakat.

“Memberikan pelayanan jangan suka merengut, apalagi minta minta uang kepada masyarakat. Ini resiko kita sebagai abdi negara, abdi masyarakat, memberikan yang terbaik kepada warganya,” kata dia. (yan)