Rumah Warga Roboh, Fitrianti Agustinda Pantau Langsung Guna Memberi Solusi

PALEMBANG – Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda  mengunjungi  rumah Rita di Jalan Bendung Dalam, Gang Bonsai, RT 035 RW 009, Kelurahan 8 Ilir, Kecamatan Ilir Timur III Palembang yang mengalami musibah di mana rumahnya roboh, Rabu (20/11/2019).

“Setelah saya lihat memang rumahnya roboh dan tidak layak lagi. Saya sebagai Wakil Walikota akan membantu membangunkan kembali rumah ibu Rita melalui program Pemkot Palembang,” ujarnya.

Finda menambahkan, Pemkot Palembang mempunyai program bedah rumah, baik dari Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PU Pera KP) maupun program dari Baznas Kota Palembang

“Pemkot Palembang memiliki kegiatan bedah rumah untuk membantu membangunkan kembali rumah. Untuk rumah Ibu Rita bedah rumah melalui program  dari Baznas,” jelasnya.

Ia melanjutkan, untuk bedah rumah program Baznas ini akan diberikan bantuan sebesar Rp50 juta. Namun ia menyampaikan bahwa untuk mendapatkan bantuan bedah rumah haruslah memenuhi persyaratan.

“Persyaratannya adalah lahan yang akan dibedah haruslah benar-benar dimiliki oleh yang bersangkutan dalam hal ini milik Ibu Rita. Tidak ada persoalan lainnya, selama persyaratan terpenuhi maka rumah Ibu Rita akan dibangunkan,” ungkapnya.

Karena dana Bedah rumah ini berasal dari Baznas, maka Finda menghimbau agar masyarakat membayarkan zakatnya melalui Baznas.

Baznas akan mengembalikan zakat itu ke masyarakat melalui program bedah rumah, bantuan pendidikan, kesehatan, bantuan modal, dan lainnya.

“Baznas akan membangunkan dengan membelikan bahan-bahan,  tukangnya tidak diberikan uang tunai. Bedah rumah yang dilakukan oleh PU Pera KP sudah banyak, tetapi melalui Baznas sampai akhir tahun ini sudah 18 rumah dibedah,” tutupnya. (hmy)