Wakil Walikota Palembang Tinjau Jaringan Gas di Kelurahan Sako

Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda secara langsung meninjau progres rumah sektor jaringan gas yang ada di Kelurahan Sako, Kamis (5/12/2019). (Foto: Humas Pemkot Palembang)

PALEMBANG – Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda secara langsung meninjau progres rumah sektor jaringan gas yang ada di Kelurahan Sako yang sudah siap beroprasi.

Dalam kunjungannya ke lokasi tersebut, Fitri juga memastikan kondisi di dalam serta bagaimana cara mengoperasikan sistem tersebut sehingga bisa mengaliri 1300 KK yang ada di lokasi tersebut.

Menurut Fitri di Kecamatan Sako ada 8 rumah sektor, salah satunya di Lorong Pelita Kelurahan Sako.

“Tadi saya juga menyempatkan diri untuk singgah masuk ke dalam rumah ibu Sopiah untuk melihat secara langsung jaringan gas yang dipasang di sana.”

“Alhamdulilah mulai dari depan sudah dipasang meterannya dan di dalam juga sudah terpasang kompor gas satu mata,” ujar Fitri.

“Perlu kita ketahui, tahun 2019 ini kota Palembang sudah mendapatkan 17 ribu jaringan gas dari bantuan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia.”

“Artinya melalui pemerintah pusat kota kita sudah diprioritaskan mendapatkan bantuan untuk masyarakat menengah ke bawah agar dengan tujuan mempermudah dalam memperoleh gas,” jelas Fitri, Kamis (5/12/2019) seusai meninjau progres rumah sektor gas alam.

Fitri menjelaskan kepada masyarakat Kelurahan Sako bahwa untuk tidak mengkhawatirkan dari sisi keamanannya karena jargas ini lebih aman dibandingkan tabung gas yang ada.

“Perlu kita ketahui jika pemasangan ini dilakukan secara perbayar maka biaya yang dikenakan sebesar 3-4 juta namun melalui progaram Kementerian ESDM alhamdulilah semua grastis mulai dari pemasangannya serta mendapatkan kompor,” ujar Fitri.

“Untuk sistem prabayarnya sendiri sudah diatur dengan sistem token. Jadi pemakaiannya sendiri lebih teratur sesuai banyaknya pemakaian yang kita gunakan.”

“Di lain hal, saya mohon kerja samanya kepada masyarakat dan RT untuk bersama-sama menjaga rumah sektor tersebut agar terhindar dari hal yang tidak kita inginkan,” lanjutnya.

Di tempat yang sama Kepala Bagian Administrasi Pembangunan kota Palembang, Zuriati, menambahkan semua pengerjaan ini akan selesai pada 26 Desember 2019 serta direncanakan pengaliran jargas ke setiap rumah yang ada di 18 kecamatan secara serentak.

“Di sektor 4 ini sendiri terbagi dua wilayah dimana setiap sektor bisa menampung seribu lebih jargas yang siap mengaliri ke rumah,” ujarnya.

Sementara itu Sopiah (65) warga Lorong Pelita Kelurahan Sako mengatakan proses pemasangan gas ini mulai dari penggaliannya sampai masuknya selang ke rumah diperkirakan 1 bulan lebih sampai dipasang meterannya.

Namun pengerjaannya sendiri serentak dengan selesainya rumah sektor tersebut sampai masuknya aliran gas. “Alhamdulilah kami dak payah lagi nak cari gas. Sekarang di rumah kami sendiri sudah ada gas alam bantuan dari Kementerian melalui Pemkot Palembang. Ini sangat membantu kami nian masak biso lebih cepet, hemat dan aman tentunya,” ujarnya. (hmy)