Ayo Makan Durian Sepuasnya di Griya Agung Palembang

Buah durian (Foto: Ist)

PALEMBANG – Himpunan Alumni Institusi Pertanian Bogor kembali menggelar festival buah dan pertanian.

Festival kali ini merupakan yang ketiga kalinya sejak digelar 2017 lalu dan akan digelar di Griya Agung Palembang pada 10-12 Januari mendatang.

Festival ini tidak dipungut biaya alias gratis tiket masuk. Sebanyak 152 stand dinas dan badan milik pemerintah, UMKM, kuliner dan lainnya akan memeriahkan kegiatan tahunan ini.

Ketua Panitia Pelaksanan kegiatan, Raimar, mengatakan akan ada banyak kegiatan yang digelar selama tiga hari tersebut.

Mulai dari beragam lomba dan hiburan hingga talkshow dan bincang bisnis yang akan dipaparkan oleh profesor ahli bawang merah, bawah putih, prospek bisnis kopi, ternak domba dan MOU terkait pertanian antara Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan Pemprov Sumsel yang akan dihadiri langsung Rektor IPB.

Raimar mengatakan sesuai temanya hilirisasi produk pertanian untuk kesejahteraan petani Sumatera Selatan, diharapakan kegiatan ini bukan cuma ajang makan durian saja tapi juga bisa memberikan dampak besar bagi kesejahteraan petani.

“Kami ingin petani mendapat harga yang layak karena selama ini petani cendrung belum menikmati hasil pertanian secara optimal. Misalnya saat tanam harga melonjak dan tiba-tiba harga anjlok saat musim panen sehingga petani rugi,” ujarnya, Kamis (2/1/2020).

Raimar mengatakan sesuai dengan arahan Gubernur Sumsel, Herman Deru yang menginginkan Aparatur Sipil Negara (ASN) agar uang jatah beras benar-benar dibelikan beras pada petani bukan uang tunai sehingga bisa mendongkrak hasil pertanian di Sumsel.

“Kegiatan ini sebagai matching business antara petani dan pembeli sehingga bisa meningkatkan harga karena petani bisa menjual langsung hasil panennya dengan ke tangan pertama tanpa melalui tengkulak,” tambah Raimar.

Kegiatan yang digelar tiga hari ini juga akan dimeriahkan dengan kegiatan makan durian sepuasnya. Sebanyak 3000 buah durian lokal asli Sumsel akan dihadirkan dan bisa disantap sepuasnya oleh pengunjung dengan membayar Rp 50 ribu.

Selain durian juga akan ada banyak buah lokal Sumsel lainnya yang bakal dihadirkan misalnya manggis, sawo, duku, rambutan, jeruk gerga, jagung ketan, alpukat Ranau dan jambu air dan bergaram buah lainnya.

“Ayo datang dan saksikan bergaram talkshow menarik yang bisa menjadi inspirasi bisnis dan pertanian juga bisa menikmati durian sepuasnya,” ujar Raimar. (net)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini