Siaga Bencana Hingga Ke Desa

KAYUAGUNG – Jajaran Pemerintah dan FKPD OKI mengajak masyarakat untuk siaga bencana melalui Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Bencana Banjir dan Tanah Longsor di Kabupaten Ogan Komering Ilir Tahun 2020 di Halaman Kantor Bupati OKI, Kamis (9/1/2020).

Apeli ini dimaksudkan agar masing-masing OPD di Kabupaten OKI, Satgas Kebencanaan, relawan, pelaku usaha serta warga masyarakat hingga pelosok desa dapat melakukan upaya untuk mengurangi adanya resiko bencana.

“Berdasarkan rilis BMKG Kota Palembang Wilayah Sumsel sudah memasuki musim hujan secara merata sejak awal Desember 2019, kondisi ini akan mengalami puncaknya pada bulan Februari dan Maret 2020 untuk itu kita siap siaga,” ungkap Kapolres OKI, AKBP. Doni Eka Syaputra yang bertindak selaku pembina apel.

Donim menambahkan sosialisasi serta kesiapan personel, sarana dan prasarana penanggulangan adalah sebagai bentuk respon pro aktif pemerintah untuk selalu hadir di setiap permasalahan masyarakat termasuk ketika bencana alam terjadi.

Kepala BNPB Kabupaten OKI Listiadi Martin, S.Sos, M.Si menyampaikan kegiatan ini diawali dengan apel siaga bencana banjir dan tanah longsor.

“Selanjutnya akan diteruskan dengan kegiatan teknis upaya kesiapsiagaan seperti patroli bersama, simulasi evakuasi dan rapat koordinasi lebih lanjut antar pihak atau stake holder yang terkait,” jelasnya.

Apel turut dihadiri unsur TNI, POLRI, BPBD, Dishub, Satpol PP, Damkar, Dinkes serta Linmas. (leo)