Hasil Liga Champions Asia: Melbourne Victory Vs Bali United 5-0

MELBOURNE – Selesai sudah perjalanan Bali United di Liga Champions Asia 2020. Mereka tersingkir usai dibantai Melbourne Victory, 0-5.

Pada kualifikasi putaran kedua yang berlangsung di AAMI Park, Selasa (21/1), Serdadu Tridatu sempat memberikan perlawanan bagus.

Namuntuan rumah terbukti lebih unggul di segala lini. Terbukti, lima gol sukses bersarang di gawang Wawan Hendrawan.

Migjen Basha membuka pesta gol di menit ke-14, disusul oleh Joshua Hope (37′), Robbie Kruse (59′), Ola Toivonen (82′) dan Elvis Kamsoba (90′).

Dengan hasil ini, Melbourne Victory lolos ke babak play-off dan akan berjumpa wakil Jepang, Kashima Antlers.

Sedangkan Stefano Lilipaly dkk melanjutkan kiprah mereka di Asia dengan bertanding di Piala AFC. United sudah dipastikan lolos ke fase grup dan tergabung di Grup G.

Jalannya pertandingan Melbourne Victory vs Bali United

Melbourne membuka keunggulan di menit ke-14. Lewat serangan dari sisi kanan, Elvis Kasomba dengan cerdik memberikan umpan dengan tumitnya kepada Migjen Basha yang berdiri bebas di depan kotak penalti Bali United.

Dengan satu tembakan keras, Basha berhasil menjebol gawang Bali United yang dikawal Wawan Hendrawan.

Unggul satu gol tak mengendurkan serangan Melbourne. Kasomba nyaris menggandakan keunggulan Melbourne di menit ke-23, tapi finishing-nya masih membentur tiang gawang.

Empat  menit berselang, Melvin Platje mengancam gawang Melbourne usai menerima through pass Dias Angga, namun tendangannya melambung tipis di atas mistar gawang tuan rumah.

Menitk ke-38 Ricky Fajrin berhasil merangsek ke kotak penalti Melbourne dan melepaskan crossing berbahaya kepada Platje, tapi tembakan pemain asal Belanda itu jauh dari sasaran.

Ditekan sedemikian rupa, Melbourne tak mau kalah. Robbie Kruse mendapat peluang emas di menit ke-34, namun Wawan masih bisa menepis tendangannya.

Semenit berselang, Paulo Sergio balik mengancam Melbourne, tapi sepakan jarak jauhnya juga ditepis kiper Melbourne, Lawrence Thomas. Di menit ke-36, giliran tembakan backheel Willian Pacheco yang gagal berbuah gol.

Saat Bali United mulai intens menyerang, mereka justru harus kembali kebobolan di menit ke-37.

Lewats serangan balik, Kruse melepaskan crossing mendatar yang sukses diselesaikan dengan baik oleh Joshua Hope. Skor 2-0 untuk tuan rumah bertahan hingga jeda.

Pada babak kedua, Bali United justru kesulitan membuka pertahanan Melbourne. Mereka justru kembali kebobolan di menit ke-59.

Lini sayap Serdadu Tridatu kembali menjadi titik lemah. Setelah dua gol pertama berawal dari sisi kanan, kini Anthony Lesiotis berhasil menembus dari sisi kiri untuk memberikan umpan kepada Kruse. Striker Timnas Australia itu berhasil menaklukkan Wawan, mengubah skor menjadi 3-0.

Tertinggal tiga gol, Bali United coba tampil lepas. Muhammad Rahmat nyaris memperkecil ketertinggalan di menit ke-71, namun tembakannya malah melambung meski hanya tinggal berhadapan dengan kiper.

Alih-alih, memperkecil ketertinggalan Bali United justru semakin jauh tertinggal di menit ke-82. Memanfaatkan situasi kemelut di depan gawang Serdadu Tridatu, Ola Toivonen melepaskan tembakan jarak jauh yang bersarang telak di gawang Wawan.

Di menit ke 90, Melbourne menambah penderitaan tim tamu dengan mencetak gol kelima.

Toivonen memberikan umpan terobosan dan berhasil diselesaikan Kamsoba menjadi gol. Skor 5-0 bertahan hingga laga usai, dan kiprah Bali United di Liga Champions Asia pun resmi berakhir.

Susunan pemain Melbourne Victory vs Bali United

Melbourne Victory: Lawrence Thomas, Storm Roux, James Donachie, Leigh Broxham (Benjamin Carrigan 79′), Adama Traore, Migjen Basha (Jay Barnett 63′), Anthony Lesiotis, Andrew Nabbout, Joshua Hope, Elvis Kamsoba, Robbie Kruse (Ola Toivonen 67′).

Bali United: Wawan Hendrawan, Ricky Fajrin, Willian Pachecho, Haudi Abdillah, Dias Angga, Fadil Sausu (Sidik Saimima 63′), Brwa Nouri, Paulo Sergio, Stefano Lilipaly (Gavin Kwan Adsit 81′), Yabes Roni (Muhammad Rahmat 63′), Melvin Platje.