Pemkot Palembang Siapkan Vaksin Gratis untuk Peternak Ayam

PALEMBANG – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DKP) Kota Palembang, menyiapkan vaksin gratis untuk peternak ayam di Kecamatan Kalidoni. Hal ini dilakukan mengantisipasi penyebaran flu burung virus Flu Burung (H5N1).

“Vaksin kami berikan ke ternak unggasnya, sedangkan kandangnya kami semprot disinfektan, karena kandang inilah yang harus bersih dan dijaga agar jangan sampai lembab,” kata Kepala DKP Kota Palembang, Sayuti, Senin (11/2/2020).

Sayuti menambahkan, vaksin dibagikan untuk mencegah virus itu berkembang selama musim hujan. Dia khawati virus itu berkembang dalam kondisi cuaca yang mendukung.

Sayuti mengatakan, DKP telah meninjau peternakan ayam milik warga di Kecamatan Kalidoni. Hasilnya, memang tata kelola peternakan kurang baik.

“Salah satunya tindakan warga yang membuang bangkai ayam ke kolam, padahal seharusnya semua bangkai dikubur agar tidak menyebarkan virus ke hewan lain maupun ke manusia,” kata dia.

Seperti diketahui, virus Flu Burung kembali ditemukan di Kota Palembang, Sumsel. Hal ini diketahui setelah dinas terkait melakukan uji sampel terhadap ratusan ayam kampung yang mati mendadak di Kecamatan Kalidoni pada awal Januari 2020.

“Untuk kasus yang di Sekojo Kalidoni kami berhasil bawa sampel ke Balai Veteriner Lampung dan akhir Januari kemarin sudah ada surat resmi bahwa itu positif flu burung,” kata Ketua Persatuan Dokter Hewan Indoensia (PDHI) Sumsel, drh Jaffrizal. (hmy)