Tak Punya Uang Untuk Beli Sabu, Opang Jambret HP

PALEMBANG–Tak punya uang untuk menggunakan sabu-sabu Ilham (30) warga Jalan Lunjuk Jaya Gang Raflesia Kecamatan IB 1 Palembang nekat jambret Handphone.

Pelaku yang berprofesi sebagai sebagai ojek pangkalan (Opang) ini melakukan penjabretan di Jalan Demang Lebar Daun dekat RSI Siti Khadijah Palembang, Selasa (7/4/2020) pagi.

Aku belum dapat uang karena ngojek sepi penumpang. Mau pakai sabu tapi uang tidak ada. Makanya aku memilih untuk jambret. Agar bisa beli sabu,” ujar tersangka saat diamankan di Polsek IB 1 Palembang, Rabu (8/4/2020).

Lalu dirinya berkeliling mencari mangsa, ketika melintas di jalan Demang Lebar Daun Palembang, pelaku melihat korban sedang duduk di atas motor sambil bermain ponsel. Ketika korban lengah pelaku langsung merampas dan melarikan diri dengan motornya.

Pelaku mengatakan, sempat terjadi pengejaran terhadap korban namun pelaku berhasil kabur dengan kecepatan tinggi. Dari keterangannya hampir 10 tahun ia menggunakan sabu, karena ketagihan pelaku memutuskan untuk nekat curi HP

“Hampir 10 tahun aku menggunakan sabu. Setiap hari pasti pakai sabu, makanya kalau tidak pakai sabu aku pusing. Kalau lagi sepi ngojek, aku jambret dan sudah tiga kali aku jambret,” kata Ilham.

Kapolsek IB 1 Palembang Kompol Yenni Diarti didampingi Kanit Reskrim Iptu Ginting menuturkan, dari pengakuan tersangka, ia sudah tiga kali melakukan aksi jambret di wilayah Palembang.

“Saat pengejaran korban berteriak dan saat yang bersamaan mobil patroli Polsek IB 1 Palembang melintas dan ikut mengejar tersangka. Karena ketakutan, tersangka akhirnya menyerah dan langsung diamankan ke Polsek IB 1 Palembang,”tuturnya

Sampai dengan saat ini pelaku masih diperiksa dan dilakukan pengembangan lebih lanjut.(ris)