Disdik Palembang Perpanjang Masa Belajar di Rumah Hingga 29 Mei

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang Ahmad Zulinto (Foto: Ist)

PALEMBANG – Dinas Pendidikan Kota Palembang kembali memperpanjang masa belajar di rumah bagi siswa PAUD/TK, SD dan SMP hingga 29 Mei mendatang.

Keputusan ini diambil menyikapi situasi terkini Kota Palembang di tengah pandemi corona.

Siswa di Kota Palembang seharusnya melakukan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara tatap muka pada 25 April mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang Ahmad Zulinto mengatakan pihaknya akan melakukan rapat secara video conference dengan Korwil dan kepala sekolah mengenai perpanjangan masa belajar di rumah tersebut.

“Kami akan melakukan rapat dengan aplikasi zoom bersama korwil dan kepala sekolah untuk mengumumkan perpanjangan libur. Intinya bahwa masa belajar di rumah diperpanjang selama sebulan,” ujar Ahmad Zulinto, Senin (20/4/2020).

Terus meningkatnya jumlah korban terpapar virus corona menjadi alasan utama perpanjangan masa belajar di rumah tersebut.

Menurutnya, kondisi saat ini di Kota Palembang belum memungkinkan untuk menggelar proses belajar mengajar di sekolah.

“Penderita virus Corona masih terus meningkat, sehingga dikhawatirkan jika mereka kembali bersekolah berpotensi terjadi penularan. Jadi kita liburkan lagi mereka, sambil menunggu perkembangan lebih lanjut,” terangnya.

Meski tidak melakukan kegiatan belajar di sekolah, Zulinto tetap mengimbau pihak sekolah memantau murid-murid untuk tetap belajar dengan menggunakan metode online dan belajar bersama melalui TVRI.

Ia pun berpesan agar tenaga pendidik tetap memberikan tugas belajar di rumah bagi para siswa.

“Orangtua siswa juga harus mengingatkan siswa agar tetap melaksanakan physical distancing selama masa belajar dari rumah dan libur sekolah.”

“Selain itu, tidak mendatangi keramaian, tidak berkumpul dengan temannya dan selalu menjaga jarak lebih dari 1,5 meter saat bersama orang lain,” pungkasnya. (gun)