Pandemi Covid-19 Membuat Keadaan Bumi Dan Negara Lainya Kembali Normal Tanpa Polusi

JAKARTA–Sejak virus corona(Covid-19) menyebar diseluruh dunia, beragam aktifitas kerja mulai dihentikan. Mulai dari aktivitas produksi sampai aktivitas di jalan umum juga berhenti.

Dilansir dari detikoto, Senin(20/4/2020) foto penampakan dari luar angkasa yang menggambarkan keadaan bumi begitu indah dan membiru, pemandangan yang tak terlihat sebelum virus corona terjadi.

Foto bumi dari luar angkasa. Sumber: Detil Oto

Pada beberapa pekan awal virus Corona merebak di China, muncul citra satelit yang menggambarkan bagaimana tingkat polusi udara di Wuhan dan beberapa kota negara tersebut mengalami penurunan signifikan.

Foto ini adalah hasil jepretan NASA yang menggambarkan menurunnya tingkat polusi di China pada dua bulan pertama 2020. Salah satu yang mengalami penurunan besar adalah kandungan nitrogen dioksida.

Kondisi serupa kemudian ditemui di Italia. Sejak pemerintah negara tersebut memberlakukan lockdown nasional pada awal Maret, perubahan besar terjadi pada kualitas udara. Sama seperti di China, kadar nitrogen dioksida di atas langit Italia drop dalam periode lockdown.

Foto di atas diambil oleh European Space Agency pada dua periode yakni Februari dan Maret. Kondisi udara di Italia dilaporkan terus membaik karena lockdown masih diberlakukan.

Di seluruh Eropa fenomena serupa terjadi. Paris mengalami penurunan kadar nitrogen dioksida sebesar 54%, Madrid drop 48%, sedangkan Roma dan Milan masing-masing turun 49% dan 47%.