Masjid Nabawi dan Masjidil Haram Akan Segera Dibuka

Arab Saudi segera membuka kedua masjidnya. (Sumber foto/traveldetik.com)

PALEMBANG—Pasca tidak ada lagi perkembangan meningkatnya jumlah orang di Arab Saudi yang positif terkena virus covid-19, Masjid Nabawi dan Masjidil Haram akan segera dibuka.

“Hari-hari (akan datang) ketika kesedihan telah sirna bagi umat islam dan kami akan kembali membuka dua Masjid Suci untuk tawaf, sa’I salat di Al Rawdah Sharif, dan berziarah ke makam Nabi Muhammad SAW,” tulis Syekh Al-Sudais dalam unggahan di media sosial saat dilansir di CNN Indonesia, Kamis (30/4/2020)

Lebih lanjut, pemasangan kamera termal yang dapat mendeteksi suhu tubuh jamaah mulai dipasang dan ditempatkan dipintu masuk halaman Masjidil Haram. Ia mengatakan kamera termal ini bias secara akurat memindai suhu tubuh hingga 25 orang secara bersamaan. Rencananya alat-alat lain juga akan dipasang pada juni nanti.

Sebelumnya, larangan bagi umat muslim untuk mengunjungi masjid Nabawi dan Masjidil Haram dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri Arab Saudi sejak akhir februari lalu, guna mencegah penyebaran virus corona di Arab Saudi.