Palembang Perbarui Anggaran Covid-19 Jadi Rp480 Miliar

Sekretaris Daerah Kota Palembang Ratu Dewa (Foto: Ist)

PALEMBANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang kembali menambah anggaran untuk penanganan covid-19. Anggaran semula yakni Rp200 miliar saat ini naik menjadi Rp480 miliar.

Sekda Kota Palembang, Ratu Dewa, mengatakan enambahan anggaran sebesar Rp280 miliar tersebut sebagai antisipasi jika pandemi covid-19 ini akan berlangsung lama.

Apalagi, kasus positif covid-19 terus mengalami peningkatan menjadi 121 orang per 6 Mei 2020. Selain itu, Pemkot Palembang juga telah mengajukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ke Kementerian Kesehatan.

“Anggaran dinaikan itu untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk bahwa covid-19 ini akan berlangsung lama. Anggaran Rp480 miliar itu bisa bertahan hingga tiga bulan kedepan,” kata Dewa, Kamis (7/5/2020).

Sementara itu, Inspektur Kota Palembang, Gusmah Yuzar, mengatakan penambahan anggaran penanganan covid-19 menjadi Rp480 miliar tersebut dari penyesuaian postur APBD sesuai instruksi dengan surat keputusan Menteri Dalam Negeri dan  Menteri Keuangan.

“Rinciannya itu Rp 441 miliar dialokasikan ke belanja tidak terduga di BPKAD sedangkan sisanya Rp39 miliar merupakan pergeseran ke rumah sakit dan Dinas Kesehatan,” katanya.

Selain itu, Pemkot Palembang meyakini bahwa anggaran yang telah dialokasikan tersebut bisa mencukupi untuk penanganan dampak covid-19 bahkan untuk pelaksanaan PSBB.

“Insyallah anggaran Rp480 miliar itu dan jika kurang akan kita lakukan lagi penyesuaian penambahan,” ujarnya. (gun)