Lagu ‘Keke Bukan Boneka’ Dituding Plagiat, Kekeyi ‘Dicolek’ Anji

Kekeyi (Foto: Ist)

JAKARTA – Akhir pekan kemarin, Rahmawati Kekeyi Chantika atau Kekeyi jadi sorotan. Lagu yang ia rilis dianggap meniru lagu milik Rini Wulandari.

Lagu berjudul ‘Keke Bukan Boneka’ itu dianggap plagiat di sebagian lirik dan nada milik lagu Rinni yang rilis pada 2008 berjudul ‘Aku Bukan Boneka’. Hal ini memancing perhatian Anji.

Musisi yang dulu tergabung dalam grup band Drive ini menghubungi Kekeyi langsung dan diabadikan serta diunggah ke channel YouTube Anji.

Kekeyi mengaku dirinya tak tahu pernah ada lagu berjudul ‘Aku Bukan Boneka’ milik Rinni Wulandari.

“Aku nggak tahu sama sekali. Itu lagu yang aku bikin dan aransemennya dibikin oleh studio,” ungkap Kekeyi.

Anji mengatakan, dirinya punya pengalaman serupa dengan lagu ciptaannya yang mirip dengan lagu milik musisi lain.

“Ini bisa diobrolin sih,” ungkap Anji.

Anji memberikan saran pada vloger yang sempat ramai disebut bikin settingan dengan Rio Ramadhan ini. Di antaranya cara mengupload karya musik di YouTube.

“Nih ya, Kekeyi (mestinya) tuliskan di situ, pencipta lagunya siapa, aransemennya siapa, yang bikin video klip siapa, itu namanya credit title. Nah itu jadi tempat untuk menghargai si pencipta lagunya, yang mengaransemen, dan membuat video klip. Next time itu disertakan ya,” ungkap Anji.

Penulis lagu ‘Aku Bukan Boneka’, Novi Umar, sempat memberi tanggapan terhadap lagu milik Kekeyi. Ia tak bermaksud menyinggung Kekeyi namun ada lirik yang memang serupa dengan lirik yang ada di lagu Kekeyi tersebut.

Single Kekeyi sempat jadi nomor satu trending di YouTube. Pencapaiannya menggeser Lady Gaga juga Blackpink. (detikcom)