KADIN Sumsel Ciptakan Iklim Ekonomi Positif

PALEMBANG – Pandemi COVID-19 berimbas ke segala sektor perekonomian, namun Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Sumsel yang dipimpin Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA tak tinggal diam. Dodi terus menggencarkan inisiasi dan inovasi di sektor perekonomian hingga berdampak sangat positif bagi masyarakat.

“KADIN Sumsel ini jembatan untuk bersinergi mewujudkan pemulihan ekonomi pada masa pandemi COVID-19 saat ini,” ungkap Ketua Umum KADIN Sumsel, Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA di sela pelantikan Pengurus Kamar Dagang dan Industri Indonesia Provinsi Sumatera Selatan Periode 2020-2025 di Hotel Santika Premiere Bandara
Palembang.

Dodi Reza yang juga Bupati Muba berjuluk Kepala Daerah Inovatif ini memberikan rekomendasi kepada Pemerintah Daerah di Sumsel khususnya Pemprov Sumsel dalam upaya mempercepat pemulihan ekonomi.

“Kami KADIN Sumsel mendorong Pemerintah di Sumsel untuk melakukan vaksinasi, serta memaksimalkan konektivitas pembangunan infrastruktur seperti pelabuhan diantaranya Tanjung Carat dan jalan tol,” ujarnya.

Ketua Umum KADIN Sumsel dua periode ini berharap pemerintah daerah juga lebih memaksimalkan hilirisasi komoditas perkebunan seperti karet dan kelapa sawit. “Hilirisasi ini juga terbukti berhasil mendorong perekonomian daerah,” bebernya.

Wakil Ketua Umum KADIN Pusat Indonesia, Anindya Novyan Bakri menyebutkan di masa kepemimpinan Dodi Reza Alex Noerdin KADIN Sumsel sangat nyata dan terbukti berkontribusi pada upaya peningkatan ekonomi Sumsel di bidang perindustrian.

“KADIN Pusat mengapresiasi terobosan-terobosan KADIN Sumsel di bawah nahkoda Dodi Reza. Sejumlah inisiasi serta inovasi yang dibuat sangat terbukti dan berdampak langsung ke masyarakat,” ucapnya.

Anindya menambahkan, saat ini ekonomi sudah membaik tetapi belum maksimal. Inilah tantangan KADIN untuk bekerjasama dengan pemerintah pusat dan daerah. “Kita harus optimis. Alhamdulillah di Sumsel KADIN nya sudah berhasil menciptakan iklim ekonomi yang stabil dan positif,” ungkapnya.

Lanjutnya, KADIN mempunyai tiga hal penting yakni maju bersama, naik kelas membangun infrastruktur konektivitas, dan merangkul semua pelaku industri. “Saya ucapkan selamat kepada Bung Dodi, semoga gerbong kepengurusan KADIN Sumsel masa bakti 2020-2025 lebih baik lagi,” harapnya.

Gubernur Sumsel Herman Deru, menaruh harapan besar kepada KADIN Sumsel di bawah kepemimpinan Dodi Reza agar mewadahi semua unsur usaha di Sumsel.

“Pak Dodi sudah terbukti sukses dan berhasil mendongkrak perekonomian di Sumsel dan dengan terobosan inisiasi inovasi aspal karet dan pengolahan bensin dari kelapa sawit,” ungkap Herman Deru.

Ia mengajak KADIN Sumsel untuk bersama-sama menjadi pemrakarsa Sumsel ekspor beras. “Saya ingin bergandengan dengan KADIN Sumsel dalam kaitan ini,” pungkasnya.

Pada momen pelantikan ini Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA melakukan penandatanganan MoU antara KADIN Sumsel dengan Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT), Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Sumsel, Gabungan Perusahaan Karet Indonesia (GAPKINDO) Sumsel.

Dalam kesempatan Pelantikan Pengurus Kamar Dagang dan Industri Indonesia Provinsi Sumatera Selatan Periode 2020-2025 turut dihadiri Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia Bidang Konstruksi dan Infrastruktur Erwin Aksa, Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia Bidang Logistik dan Pengelolaan Rantai Pasok Rico Rustombi, Kepala Staf Khusus KADIN Indonesia Candra Tirta Wijaya, dan Wakil Ketua Umum KADIN Lampung Romi Junanto Utama.