Jaga Ekosistem, 140 Ribu Benih Ikan Ditebar

MUBA – Dinas Perikanan Kabupaten Musi Banyuasin kembali melakukan penebaran 140 ribu benih ikan. Penebaran kali ini dilakukan Danau Ulak Lia Kelurahan Soak Baru Kecamatan Sekayu, Jumat (30/4/2021).

“Ya, hari ini 140 ribu bibit ikan ditebar, itu terdiri dari 100 ribu benih ikan Jelawat dan 40 ribu benih ikan Nilem,” ujar Plt Kepala Dinas Perikanan Muba, Hendra Tris Tomy, melalui Kabid Sumber Daya Ikan, Hj Mona Pebriza.

Dikatakan Mona, benih ikan tersebut merupakan bantuan yang diberikan oleh Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Jambi. “Ini bantuan dan kita lakukan penebaran di Danau Ulak Lia Sekayu,” kata dia didampingi Kasi Potensi Sumber Daya Ikan, Bastian.

Adanya penebaran benih ikan ini dinilai sangat penting karena dapat menambah pasokan atau stok ikan dan juga sebagai upaya mengembalikan Danau Ulak Lia sebagai ekosistem biota air sungai.

“Ini untuk jaga ekosistem di sungai. Kita mengimbau kepada masyarakat untuk dapat memahami dan bekerjasama menjaga kelestarian sumber daya perikanan air tawar di Muba. Jadi, yang ingin menangkap ikan harap menggunakan cara-cara yang dianjurkan. Jangan menyetrum, putas, meracun. Selain melanggar aturan juga ada pidananya ke depan,” tandas dia.