PUBM Sumsel: Jembatan Benuang Sudah Diperbaiki, Strukturnya Masih Kokoh dan Aman

0

PALEMBANG – Jembatan yang berada di jalan lintas Simpang Belimbing – Simpang Air Hitam, tepatnya yang terletak di desa Benuang Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), yang dikabarkan akan ambrol ternyata strukturnya masih kokoh dan aman.

Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang Provinai Sumatera Selatan (Sumsel) telah melakukan monitoring ke lokasi, memang terdapat bagian bangunan bawah jembatan yang rusak namun tidak mempengaruhi dari fungsi jembatan tersebut.

“Ya, memang ada bagian jembatan yang rusak, setelah kita lakukan monitoring dan pengecekan kelokasi jembatan di Benuang, kerusakan tidak mempengaruhi fungsi dan kekuatan jembatan,” jelasĀ  kepala PUBM Tata Ruang Provinsi Sumsel Darma Budhi, melalui UPTD PALI, Muara Enim, Prabumulih H Nurudin Hanafia, Kamis (27/5/2021).

Meskipun demikian, Lanjut Nurudin, pihaknya langsung melakukan perbaikan agar kerusakan tidak merembet pada bagian jemabatan lainnya. Dan menegaskan bahwa struktur jembatan tersebut masih kokoh dan masih aman digunakan seperti biasa.

“Setelah kita datang langsung kelokasi ternyata hanya bagian bangunan bawah, yang diakibatkan karena belum adanya parit di pinggir jembatan. Untuk bangunan pondasi, landasan, bangunan pengaman dan oprit jembatan masih aman. Dan hari ini (Kamis, 27/5/2021) kita sudah melakukan perbaikan langsung di jembatan Benuang tersebut,” jelasnya.

Lebih lanjut, dirinya juga menjelaskan bahwa pihaknya juga kini tengah berada ditahapan lelang untung pengerjaan, perbaikan atapun peningkatan jalan dan jembatan yang ada di Kabupaten PALI, dengan anggaran APBD Sumsel tahun 2021.

“Sesuai program pak Gubernur ‘Sumsel Maju Untuk Semua’, maka kitapun telah menyiapkan beberapa pekerjaan yang akan dilaksanakan di Kabupaten PALI. Tetapi saat ini tahapannya masih dalam proses pelelangan, semoga cepat terlaksana dan maayarakat dapat menikmatinya,” pungkasnya.