Ambil Alih, Herman Deru Bakal Minta Ridwan Kamil Desain Pasar Cinde

Caption : Gubernur Sumsel Herman Deru

PALEMBANG – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan memastikan mengambil alih proyek pembangunan Aldiron Plaza Cinde (APC) di Jalan Jendral Sudirman Palembang.

Lokasi yang dulu berdiri Pasar Tradisional Cinde itu diambil alih proyek dari tangan pengembang lantaran pengerjaan yang berlangsung sejak 2018 lalu tak kunjung selesai alias mangkrak dan dinilai tidak memiliki kesanggupan lagi untuk melanjutkan pembangunan.

Agar pembangunan berjalan baik dan Plaza Cinde memiliki nilai estetika dan mampu mrnjadi icon baru Kota Palembang, Gubernur Sumsel Herman Deru berencana meminta Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat untuk mendesain Plaza Cinde.

“Kami berencana akan ambil alih, karena pihak ketiga sudah tidak memiliki kesanggupan lagi untuk melanjutkan pembangunan proyek yang menghabiskan biaya sekitar Rp330 miliar,” ujar Gubernur Sumsel Herman Deru, Rabu (3/6/2021).

Dijelaskan Deru, dalam proses pengambilalihan proyek tersebut, pihaknya juga telah meminta pihak Kejaksaan Tinggi Negeri (Kejati) Sumsel untuk menganalisa aspek hukum melalui Perdata Tata Usaha Negara ketika proyek pembangunan APC diambil alih oleh Pemprov.

“Kami akan bicarakan lagi dampak apa yang akan terjadi jika diputuskan kerjasama pembangunan terhadap pihak ketiga,” katanya.

Diketahui, proyek pembangunan APC dimulai pada tahun 2018 dan mangkrak selama tiga tahun. “Mangkraknya pembangunan ini harus segera kita selesaikan karena telah menimbulkan kesusahan bagi para pedagang,” jelasnya.