Pemprov Sumsel Ambil Alih Proyek Plaza Cinde

0

PALEMBANG – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengambil alih proyek pembangunan Aldiron Plaza Cinde (APC) yang dulunya merupakan pasar tradisional Cinde yang berlokasi di Jalan Jendral Sudirman Palembang.

Pengambil alihan proyek dari tangan pengembang tersebut lantaran pengerjaan yang berlangsung sejak 2018 lalu tak kunjung selesai alias mangkrak dan dan dinilai tidak memiliki kesanggupan lagi untuk melanjutkan pembangunan.

“Kami berencana akan ambil alih, karena pihak ketiga sudah tidak memiliki kesanggupan lagi untuk melanjutkan pembangunan proyek yang menghabiskan biaya sekitar Rp330 miliar,” ujar Gubernur Sumsel Herman Deru, Rabu (3/6/2021).

Dijelaskan Deru, dalam proses pengambilalihan proyek tersebut, pihaknya juga telah meminta pihak Kejaksaan Tinggi Negeri (Kejati) Sumsel untuk menganalisa aspek hukum melalui Perdata Tata Usaha Negara ketika proyek pembangunan APC diambil alih oleh Pemprov.

“Kami akan bicarakan lagi dampak apa yang akan terjadi jika diputuskan kerjasama pembangunan terhadap pihak ketiga,” katanya.

Diketahui, proyek pembangunan APC dimulai pada tahun 2018 dan mangkrak selama tiga tahun. “Mangkraknya pembangunan ini harus segera kita selesaikan karena telah menimbulkan kesusahan bagi para pedagang,” jelasnya.