Pemkab Muba Minta PT Batubara Mandiri Segera Perbaiki Fender Jembatan Beruge

SEKAYU – Pemkab Musi Banyuasin melalui Dinas Perhubungan Kabupaten Muba mengadakan rapat Rutin Forum LLAJ Kabupaten Musi Banyuasin dalam rangka Pembahasan Evaluasi Fender (Pelindung Tiang Jembatan) pada Jembatan Beruge di Kecamatan Babat Toman, dan Manajemen Rekayasa Lalu Lintas pada Tikungan Pangeran di Kecamatan Sanga Desa.

Rapat dipimpin Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drs. H Yusuf Amilin di ruang rapat Randik gedung Pemkab Muba, Selasa (15/6/2021).

Dalam kesempatan ini, Yusuf Amilin minta kepada pihak PT Batubara Mandiri agar mempercepat melakukan pembangunan fender pada jembatan Beruge tersebut. Karena, menurutnya semakin lambat perbaikan semakin rentan terjadi kerusakan yang lebih parah lagi.

“Jadi intinya, apabila nanti ada perbaikan fender ini, Kami berharap pihak PT Batubara Mandiri terus berkoordinasi dengan pihak yang berkompeten, supaya hasil yang dikerjakan sesuai standar yang dibutuhkan,”tegasnya.

Kemudian, terkait dengan jalan lalu lintas di tikungan Rumah Pangeran di Kecamatan Sanga Desa, Yusuf juga minta pihak Balai Besar jalan segera melakukan perbaikan guna menekan angka kecelakaan di daerah Sanga Desa.

Lanjut, walaupun kewenangan jalan tersebut bukan di kabupaten, tapi yang lebih banyak menggunakan adalah warganya, jadi kami juga berkepentingan dengan jalan ini, tapi kewenangan bukan pada kami, jadi kami kabupaten Muba hanya mengawal, membantu, dan menghimbau.

Ia juga menjelaskan rumah Pangeran di Kecamatan Sanga Desa sudah masuk cagar budaya, artinya harus kita selamatkan rumah pangeran tersebut.

“Dinas PUPR, dan dinas terkait lainnya tolong terus berkoordinasi, Kita jangan menunggu, ini harus kita kawal, dan kita kejar walaupun jalan ini bukan planning kita untuk menganggarkan, paling tidak ini dalam wilayah kita Muba. Intinya adalah bahwa jalan ini harus kita perbaiki dalam artian demi keselamatan penguna jalan,”tandasnya.

Senada disampaikan Moh Alex dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sumatra Selatan, pihaknya juga minta PT Batubara Mandiri bertanggung jawab dan segera melakukan perbaikan terhadap fender jembatan Beruge tersebut.

“Kami minta PT Batubara Mandiri segera melakukan perbaikan terhadap fender jembatan Beruge ini, jangan sampai kalau sudah ada kejadian baru diperbaiki. Kepada masyarakat sekitar untuk turut menjaga jembatan dan jalan yang ada,”katanya.

Andi Darma Perwakilan PT Batubara Mandiri dalam sambutannya, menyatakan dengan jelas bahwa pihaknya siap bertanggung jawab dan memperbaiki kerusakan yang terjadi di jembatan Beruge tersebut.

“Kami akan segera mungkin melakukan perbaikan, dan sesuai dengan arahan yang disampaikan pak Yusuf, kami juga akan berkoordinasi sebelum melakukan perbaikan fender ini,”ungkapnya.