Herman Deru: Pelayanan Kesehatan di Sumsel Harus Merata Secara Berkeadilan

PALEMBANG – Gubernur Sumsel Herman Deru terus berupaya memeratakan pembangunan baik fisik maupun non fisik. Termasuk di antaranya pembangunan bidang kesehatan dengan meningkatkan pelayanan mulai dari tingkat Puskesmas hingga Rumah Sakit.

“Pelayanan kesehatan di Sumsel ini harus merata secara berkeadilan, utamanya pelayanan ditingkat puskesmas yang ada di tingkat desa/kelurahan hingga   perkotaan,” ujarnya saat menerima audensi Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Asosiasi Puskesmas se-Indonesia (APKESMI)  Provinsi Sumsel di kantor  Gubernur, Selasa (22/6).

Lebih lanjut Herman Deru menyebut keberadaan fasilitas kesehatan  berupa Puskesmas menjadi sarana kesehatan yang berada di   garda terdepan dalam pelayanan kesehatan masyarakat. Karena itu dia berharap petugas medis di tingkat Puskesmas dapat bekerja dengan sungguh-sungguh.

“Saya ingin ada Penguatan Sistem Layanan Kesehatan yang Berkeadilan di Sumatera Selatan,”  tambahnya.

Terkait dengan rencana  pelantikan kepengursan APKESMI  dalam waktu dekat,   Herman Deru meminta kepada pengurus APKESMI dapat   membuat program kerja   yang betul betul    bermanfaat bagi masyarakat.

“Sebelum dilantik, Saya minta kepengurusan ini membuat program kerja yang menyentuh langsung masyarakat, nanti saya lihat programnya,” tutur Herman Deru.

Dikatakan,  saat  melakukan kunjungan kerja ke daerah  bahkan keperairan, dirinya  selalu memperhatikan keberadaan Puskesmas  setempat.

“Saya kunjungan kerja selalu melihat Puskesmas, ada gedung bagus tapi minim sarana prasarannya, terus ada juga yang sebaliknya. Nah saya ingin kepengurusan ini benar-benar membuat program yang berkeadilan agar pelayanan kesehatan yang ada di Puskemas dapat segera terwujud secara merata,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPW APKESMI Provinsi Sumsel, Dr. Efriana Umar mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Herman Deru karena memberikan dukungan atau support dalam mewujudkan layanan kesehatan  yang berkeadilan. Dia  berjanji akan   membuat program kerja sesuai arahan gubernur.

“APKESMI ini kumpulan dari seluruh Kepala Puskesmas yang ada di Sumsel, kita akan secepat mungkin membuat program sesuai arahan pak gubernur salah satunya untuk pelayanan kesehatan yang berkeadilan,” paparanya sembari menyebut Kepengurusan APKESMI Sumsel direncanakan akan dilantik gubernur, 17 Juli 2021 mendatang.