Argentina Juara Copa America 2021, Lionel Messi Akhiri Kutukan Final dan Raih Trofi Perdana

RIO DE JANEIRO – Argentina keluar sebagai juara Copa America 2021 setelah menang 1-0 atas Brasil di final yang dilangsungkan di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Brasil Minggu (11/7/2021) pagi WIB. Gol tunggal kemenangan Argentina dicetak Angel Di Maria pada menit 22.

Keberhasilan di atas merupakan pencapaian istimewa bagi kapten Tim Nasional (Timnas) Argentina, Lionel Messi. Ini merupakan trofi pertama Lionel Messi bersama Timnas senior Argentina, semenjak promosi pada 2005.

Sebelum ini, Lionel Messi sebenarnya empat kali membawa La Albiceleste -julukan Argentina– lolos ke final turnamen mayor (Piala Dunia dan Copa America). Sayangnya, pada empat final itu, Lionel Messi dan Argentina selalu kalah.

Final pertama dialami di partai puncak Copa America 2007. Saat itu, Argentina kalah 0-3 dari Brasil dalam laga yang digelar di Venezuela.

Kemudian pada 2014 lebih tragis lagi. Argentina dan Lionel Messi ditumbangkan Jerman di partai puncak Piala Dunia 2014!

Saat itu, gol tunggal Jerman dilesakkan Mario Gotze di masa perpanjangan waktu. Bagaimana dengan dua final setelahnya?

Argentina kalah di final Copa America 2015 dan 2016. Ironisnya, Argentina kalah dari lawan yang sama plus lewat cara yang sama. Di dua final itu, Argentina kalah adu penalti dari Cile!

Karena itu, keberhasilan menjuarai Copa America 2021 merupakan prestasi bagi Lionel Messi. Trofi ini juga menjadi pelipur lara setelah Barcelona hancur lebur di musim 2020-2021. (net)