Prediksi Final Euro: Italia vs Inggris 12 Juli 2021

0

LONDON – Turnamen akbar Euro 2021 akhirnya mencapai puncaknya. Wembley Stadium di London, Inggris, akan menjadi panggung perhelatan babak final, Senin (12/7/2021). Timnas Italia dan Timnas Inggris  akan berduel dalam laga perebutan gelar juara.

Italia sudah pernah sekali menjuarai Euro, yakni pada edisi 1968, serta dua kali menjadi runner-up pada edisi 2000 dan 2012. Sementara itu, ini adalah final pertama Inggris sepanjang sejarah partisipasi mereka di Piala Eropa. Italia membidik gelar kedua, sedangkan Inggris bakal berharap tuah Wembley bisa mengantarkan mereka meraih gelar perdana.

Pertemuan terakhir Italia dan Inggris di major tournament tersaji di fase grup Piala Dunia 2014 lalu. Italia menang 2-1. Italia unggul lewat gol Claudio Marchisio di menit 35, kemudian Inggris membalas melalui gol Daniel Sturridge di menit 37, dan Italia akhirnya menang berkat gol Mario Balotelli di menit 50.

Italia dan Inggris sebelum ini baru pernah dua kali bertemu di putaran final Euro, dan Gli Azzurri memenangi keduanya.

Di fase grup Euro 1980, Italia mengalahkan Inggris 1-0 lewat gol tunggal Marco Tardelli. Di perempat final Euro 2012, diwarnai penampilan masterclass dan ‘panenka’ Andrea Pirlo, Italia menaklukkan Three Lions lewat adu penalti.

Di Euro 2016, Inggris dihentikan Islandia di babak 16 besar. Sementara itu, Italia dijegal Jerman di perempat final. Kali ini, mereka sama-sama lolos ke partai puncak. Inggris mengincar gelar Euro pertamanya, sedangkan Italia membidik titel kedua sekaligus mengobati luka akibat kegagalan lolos ke Piala Dunia 2018.

Italia mencapai final Euro 2020 usai menjuarai Grup A, serta mengeliminasi Austria, Belgia, dan Spanyol hingga semifinal. Kiper Gianluigi Donnarumma dan sang playmaker Jorginho menjadi pahlawan dalam kemenangan adu penalti atas La Furia Roja.

Di lain pihak, Inggris menjuarai Grup D, kemudian menyingkirkan Jerman dan Ukraina. Tim besutan Gareth Southgate itu baru kebobolan satu gol di putaran utama Euro 2020, yakni ketika menang 2-1 atas Denmark di semifinal. Dalam laga kontra Denmark itu, mereka membutuhkan satu gol bunuh diri pemain lawan, pelanggaran terhadap Raheem Sterling, dan gol Harry Kane menyusul kegagalan penaltinya di extra time untuk memastikan diri lolos ke final.

Italia belum terkalahkan di Euro 2020 sejak babak kualifikasi. Pasukan Roberto Mancini juga tak terkalahkan dalam 33 laga terakhir. Sementara itu, Inggris begitu optimistis bahwa jargon Football’s Coming Home benar-benar bakal bisa diwujudkan tahun ini. (net)