Pemprov Sumsel Janji Tambah Ruang ICU di RS Rujukan Covid-19

PALEMBANG – Pemerintah Provinsi Sumsel akan terus berupaya menekan penambahan jumlah pasien terpapar virus Covid-19. Salah satunya akan menambah jumlah Intensive Care Unit (ICU) di salah satu rumah sakit rujukan khusus Covid di wilayah Sumsel.

Hal ini disampaikan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru saat menerima audiensi Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Cabang Sumsel di ruang tamu Gubernur, Kamis (5/8) siang.

“Kita dari Pemprov bersedia untuk backup pembangunan ICU untuk segera jadi, bila perlu refocusing dana yang ada. Dari Rumah Sakit yang ada di Palembang ini mana yang di prioritaskan ICU-nya harus ditambah,” ungkapnya.

Menurut Herman Deru, para pengurus PERSI Sumsel kali ini sangat penting sebagai penambah referensi pemerintah dalam membuat kebijakan untuk mengatasi penyebaran virus Covid 19 khususnya di Provinsi Sumsel. Karena tenaga medis yang ada di rumah sakit merupakan benteng terakhir.

“Saya ucapkan terimakasih untuk para tenaga medis di Provinsi Sumsel yang telah berkerja keras mengorbankan jiwa dan raga guna menekan lajunya penyebaran Covid 19,” imbuhnya.

Dalam prosesnya penambahan jumlah ruangan ICU Rumah Sakit, Herman Deru mengharapkan OPD terkait untuk segera bekerja mengkaji lebih jauh terkait dengan penambahan gedung layanan kesehatan yang harus disesuaikan dengan jumlah tenaga kesehatan yang ada.

Dilain pihak Pengurus PERSI Provinsi Sumsel dr. Bambang Eko Sunaryanto, SpKJ, MARS menuturkan, audiensinya kali ini selain silaturahmi juga menyampaikan sejumlah hasil pertemuan PERSI yang baru saja digelar secara daring belum lama ini.

Menurutnya salah satu upaya penanganan pasien covid yang dianggap mendesak yakni perlu dilakukan penambahan kelengkapan sarana prasarana kesehatan khususnya di RS rujukan Covid.

“Mulai dari penambahan obat-obatan, penambahan kapasitas ICU dan terpenuhinya kebutuhan oksigen pasien,” jelasnya.