Herman Deru Bertemu Eddy Santana Putra, Keduanya Bahas Proyek Besar

PALEMBANG – Gubernur Sumsel Herman Deru bertemu Komisi IV dan Komisi V DRR di Palembang, Selasa (10/8/2021). Bersama anggota Komisi V DPR, Eddy Santana Putra sejumlah hal dibicarakan yang salah satunya percepatan pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat dan infrastruktur prioritas lainnnya.

“Pemindahan Pelabuhan Boom Baru ke Tanjung Carat beserta pernak-perniknya itu merupakan program super prioritas Sumsel. Keberadaan pelabuhan ini akan berdampak besar bagi komoditas hasil Sumsel, baik sektor minerba maupun pertanian dan perkebunan. Untuk itu, saya minta anggota DPR ini mendorong hal itu,” kata Herman Deru dalam rapat kerja bersama Anggota Komisi V dan Komisi IV DPR RI di Palembang, Selasa (10/8/2021).

Dia mengatakan, berdasarkan hasil kesepakatan setelah beberapa kali melakukan rapat dengan Kementerian terkait, groundbreaking pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat rencananya dilakukan pada November 2021 mendatang.

“Kita terus ulas soal Tanjung Carat ini dalam beberapa kali kesempatan. Rencananya akan dimulai November 2021. Pembangunan ini harus on schedule,” tuturnya.

Apalagi, sambungnya, beberapa tahun lalu ada rencana pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di kawasan Tanjung Api Api. Tentunya KEK tersebut harus didukung dengan adanya pelabuhan laut tersebut.

“Rencana KEK ini disambut gembira dunia industri. Namun, berapa jauh pun KEK ini juga harus didukung adanya pelabuhan laut sehingga kegiatan ekspor impor akan semakin maksimal,” paparnya.

Anggota Komisi V DPR Eddy Santana Putra mengatakan, pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat memang merupakan prioritas pihaknya. Sebab itu berbagai upaya dilakukan agar impian itu dapat terealisai.

“Saya sebagai putra daerah tentu sangat mendukung. Ini akan meningkatkan ekonomi Sumsel. Sejak awal kita terus menyuarakan program pembangunan infrastruktur di Sumsel ini,” kata mantan Wali Kota Palembang.

Selain mendorong Pelabuhan Tanjung Carat, Herman Deru juga agar sejumlah proyek infrastruktur lain di Sumsel dipercepat yang salah satunya Jalan Tol Palembang – Tanjung Api – Api.