Hari Kemerdekaan Jadi Momentum Sumsel Bangkit dari Pandemi

PALEMBANG – Meski masih dalam suasana pandemi Covid-19, peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-76 tahun 2021 di lingkungan Pemprov Sumsel berlangsung khidmat dan lancar. Dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat peringatan detik-detik proklamasi yang dipusatkan di Griya Agung Palembang, Selasa (17/8) dipimpin Gubernur Sumsel H. Herman Deru sebagai Inspektur Upacara.

Peringatan HUT Proklamasi itu dimulai dengan pengibaran sang saka merah putih oleh pasukan pengibar bendera Provinsi Sumatera Selatan. Dilanjutkan dengan pembacaan teks Undang-Undang Dasar 1945 oleh Ketua DPRD Provinsi Sumsel Hj. R.A. Anita Noeringhati.

Komandan Batalyon Infanteri Raider 200/Bhakti Negara Kodam II Sriwijaya, Letnan Kolonel Infanteri Andi Irawan, S.H bertindak selaku Komandan Upacara.

Sementara itu petugas pengibar bendera masing-masing yakni I Nyoman Ananta Sumanta pelajar asal SMAN I Belitang, M. Ally Rega pelajar asal SMAN 2 OKU, serta Itto Bayhaqi asal SMAN 3 Kota Pagaralam. Sedangkan pembawa baki adalah Ghefira Nur Fatimah asal SMAN 2 OKU.

Gubernur Sumsel H. Herman Deru melalui Wakil Gubernur Sumsel H. Mawardi Yahya (HDMY) mengatakan, semangat hari kemerdekaan ini hendaknya menjadi motivasi bersama untuk segera bangkit dan lepas dari Pandemi Covid.

” Untuk itu mari kita bersama menjalankan apa yang menjadi arahan pemerintah yakni menjalankan PPKM dengan sebaik-baiknya. Serta menjaga kedisiplinan dalam menerapkan prokes,” ujar Mawardi.

Menurut Mawardi motivasi ini perlu digerakkan secara bersama dengan kekompakan. Sehingga Sumsel bisa segera lepas dari Covid dan beraktivitas seperti sediakala.

Untuk itu Ia mengajak semua masyarakat mentaati anjuran Presiden untuk menjalankan PPKM serta mengubah beberapa kebiasaan untuk kepentingan bersama. Seperti menjaga jarak, menghindari kerumunan dan selalu disiplin mengenakan masker.

” Ini adalah tahun kedua kita memperingati HUT Kemerdekaan dalam suasana pandemi. Semoga semangat ini menjadikan kita lebih kuat dan tangguh,” tambah Mawardi.

Dalam kesempatan itu Mawardi juga tak lupa mengapresiasi pasukan pengibar bendera Provinsi Sumsel yang sukses melaksanakan tugasnya.

“Selamat kepada adik-adik, meski dalam suasana pandemi mereka tetap semangat menjalankan tugasnya dengan baik. Ini luar biasa sekali,” ujar Mawardi.