Lagu Wisata Olahraga Muba Viral Jelang Anugerah Pesona Indonesia 2021

Sekayu – Di penghujung pelaksanaan puncak Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2021 Nopember mendatang, di Sekayu, Musi Banyuasin, sebuah lagu khas Muba viral di media. Tampak sudut-sudut keindahan Muba pada lagu berjudul Kota Wisata Olahraga.

Nyaris seluruh objek wisata alam dan tradisi serta fasilitas olahraga ditampilkan secara epik. Lagu Kota Wisata Olahraga ini dikarang dan dibawakan Novia Wulandari, seorang guru kelahiran Plakat Tinggi sekaligus kreator seni.

“Irama lagunya optimis, penuh semangat. Sambil menyimak lirik lagu, mata kita pun dibimbing menikmati pesona wisata Muba yang elok. Gambaran suasana pada video lagu ini bikin penasaran dan ingin datang langsung ke lokasi,” tutur Ina, saat ditemui sedang kongkow di Taman Air Sekayu.

Bagi warga luar kota yang melintasi kota Sekayu cocok singgah di taman ini. Seperti diungkapkan
CEO Ayo Jalan-jalan Indonesia, Muhammad Syafa’at bersama tim lainnya saat berada di Kabupaten Muba.

“Kami datang dari Jakarta sejak kemarin dan sudah keliling langsung Kota Sekayu, melihat langsung objek wisata dan keunggulan yang ada di Muba, sungguh luar biasa. Selaku penyelenggara ajang API kami sangat mengapresiasi kesiapan Kabupaten Muba untuk menyelenggarakan malam puncak Anugerah Pesona Indonesia Ke-6 tahun 2021,”ucapnya, Senin (20/9/2021).

“Ini wujud kebanggaan warga Muba menampilkan keindahan daerah sendiri. Cara ini sangat pas untuk pengembangan pariwisata dan perekonomian daerah. Dari cerita mulut ke mulut atau juga lewat lagu yang renyah wisatawan lebih mudah menangkap pesan. Sinergi warga dan pemerintah ini cocok diteruskan,” beber Kadin Kominfo Muba Herryandi Sinulingga, AP Rabu, (20/10/2021).

Sinulingga menyebut lewat lagu dan video Novia, terpapar banyak potensi Muba. Menurutnya penggambaran itu sangat efektif menarik minat masyarakat.

” Ada objek wisata alam, event olahraga, fasilitas seni dan pusat pembinaan atlet usia dini. Ada juga potensi dari sisi fashion yakni Gambo Muba yang berasal dari limbah gambir, lalu oantai bongen, serta kearifan sosial bekarang dan lainnya yang ditampilkan dalam video lagu itu. Partisipasi warga yang seperti ini layak disupport,” jelas dia.

Novia sebagai pencipta lagu menyebut seni, olahraga dan pariwisata bisa dipadukan. Pemerintah punya konsep dan dia senang terlibat di dalamnya.

“Lewat cara yang saya tekuni yakni lagu saya sengaja menghadirkan keindahan,keelokan, potensi wisata serta optimisme dalam lagu ini. Kalau sebarannya bisa maksimal ya sangat bagus. Syukur bisa mencuri perhatian wisatawan lokal dan mancanegara,” ungkap Novia yang juga kondang sebagai artis Senjang. Ia tercatat beberapa kali memenangi kejuaraan tarik suara di Muba.