Gerak Cepat Solusi Perbaikan Jalan Longsor di Bailangu dan Sukarami

0

Palembang – Kondisi jalan longsor yang berada di ruas jalan nasional di Bailangu dan Sukarami Kecamatan Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin membuat Pemerintah Kabupaten Muba kepada pihak terkait dalam hal ini Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) agar segera memaksimalkan mencari solusi dan urun rembuk agar persoalan tersebut tidak terus berlarut.

“Kami minta agar dalam waktu dekat segera diberi himbauan bagi pengguna jalan dan kita membatasi kendaraan tonase besar yang akan melintas di lokasi tersebut untuk melewati jalan alternatif,” ungkap Kepala Dishub Muba, Pathi Riduan SE ATD MM saat memimpin Rapat Terkait Kondisi jalan longsor yang berada di ruas jalan nasional di Bailangu dan Sukarami Kecamatan Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin, Kamis (21/10/2021) di Kantor Perwakilan Musi Banyuasin di Palembang.

Dikatakan Pathi, upaya ini dilakukan sebagai antisipasi apabila nanti ada kejadian longsor susulan atau peristiwa lainnya yang tidak diinginkan.

“Antisipasi kita itu kalau nanti tiba-tiba jalan putus, jadi harus sudah ada solusi alternatif sembari pihak BBPJN memperbaiki jalan di lokasi, agar kendaraan tidak menumpuk,” terangnya.

Ia menambahkan, sedikitnya akan memasang himbauan kepada pengguna jalan di beberapa titik. “Himbauan nantinya akan dipasang di jalan simpang Betung dan Muara Beliti, agar pengendara lebih berhati-hati,” ucapnya.

Dalam waktu dekat, lanjutnya, pihaknya akan turun ke lokasi untuk mengecek dan berkoordinasi dengan pihak terkait secara intens. “Pengguna jalan akan diberi himbauan dan berkoordinasi dengan warga setempat agar turut andil melancarkan proses perbaikan jalan tersebut,” ulasnya.

Kabid Preservasi II Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN), Heru Setiawan mengatakan pihaknya menargetkan pada Desember nanti proses perbaikan jalan longsor tersebut sudah rampung.

“Desember 2021 ini kita targetkan perbaikan rampung,” ungkap dia.

Ia meminta, agar pihak terkait bisa mengalihkan arus lalu lintas bagi pengguna kendaraan tonase besar supaya proses pengerjaan tepat waktu. “Kami berharap agar kendaraan muatan besar bisa melewati jalur alternatif, supaya tidak terjadi penumpukan kendaraan dan pekerjaan berjalan lancar,” tuturnya.

Kabag Ops Polda Sumsel, Kompol Irwan Ardeta SIk meminta agar pihak BBPJN lebih cermat dan segera menyiasati alternatif apabila nanti terjadi insiden jalan putus akibat longsor susulan. “Harus sudah menyiapkan solusi segera,” terangnya.

Kanit Turjawali Polres Muba, Iptu Has Hutajulu menyebutkan, pihaknya juga akan turun ke lokasi dengan menerjunkan anggota serta memberikan pelatihan kepada pihak pengerjaan konstruksi agar bisa me-manage arus lalin sekitar. “Pekerja juga akan kita latih, dan kami minta agar safety di lapangan menjadi prioritas,” sebutnya.

Pasi Intel Kodim 0401 Muba, Kapten Inf Suhartono juga mengatakan pihak Kodim 0401 akan turut andil melancarkan proses pengerjaan jalan di dua lokasi longsor tersebut.

“Ini harus dikerjakan cepat dan ada solusi alternatif guna mengantisipasi peristiwa alam yang tidak diinginkan, prinsipinya dari Kodim 0401 Muba siap memback-up,” pungkasnya.