Pengembangan Pariwisata Danau Ranau Termasuk Prioritas Pemprov Sumsel

PALEMBANG – “Destinasi wisata ini merupakan salah satu sektor andalan bagi Sumsel khususnya Kabupaten OKU Selatan,” ucap Wagub Mawardi Yahya saat mendengarkan Paparan Bupati OKUS terkait Pembangunan Infrastruktur Tahun 2022 di Ruang Rapat Gubernur Sumsel, Senin (25/10) siang.

Pemerataan pembangunan di 17 Kabupaten/kota dalam Provinsi Sumsel sudah menjadi prioritas Gubernur Herman Deru. Pemprov setiap tahunnya menggelontorkan Bantuan Gubernur Khusus (Bangubsus) untuk mempercepat majunya  pembangunan di daerah.

“Bangubsus tersebut dimaksudkan untuk  mempercepat laju perkembangan Kabupaten/kota  terutama  pembangunan infrastruktur termasuk  dan sektor pariwisata,” tambahnya.

Terkait dengan usulan sejumlah program prioritas Kabupaten OKU Selatan tahun 2022, Wagub menyebut usulan tersebut akan dikaji lebih lanjut. “Insya Allah kita akan akomodir sesuai dengan kondisi keuangan Provinsi,” tandasnya.

Sementara itu Bupati OKU Selatan, Popo Ali Martopo mengucapkan terima kasih kepada Gubernur dan Wagub Sumsel atas bantuan anggaran melalui Bantuan Khusus Gubernur (Bangub). Sejak dua tahun terakhir telah banyak membawa dampak positif bagi kemajuan infrastruktur OKU Selatan termasuk sektor wisata Danau Ranau yang berimbas pada naiknya perekonomian warga sekitar.

Dalam paparannya  Popo Ali juga menyebutkan perbaikan akses lalu lintas antar perbatasan Sumsel dengan  provinsi tetangga yakni dengan Provinsi Lampung dan Provinsi Bengkulu sejauh ini sudah sangat baik.

“Ini dampaknya sungguh luar biasa, Dulu untuk akses menuju Provinsi Bengkulu harus melintas jalan yang cukup jauh memutar. Namun setelah jalan diperbaiki  waktu tempuh tidak lebih dari tiga jam. Dampaknya  terasa sangat baik  pagi peningkatan kunjungan wisatawan  dan kegiatan sosial ekonomi masyarakat,” paparanya.

Adapun usulan pembangunan Infrastruktur di tahun 2022, Popo Ali menyebut mohon dukungan Pemprov melengkapi   sarana dan prasarana tempat wisata Danau Ranau.

“Ini tidak lain  untuk meningkatkan perekonomian  masyarakat di antaranya infrastruktur jembatan ataupun peningkatan akses jalan termasuk pembangunan  sekitar tempat wisata danau ranau,” tandasnya.